RATIONALITY OF NEW MEDIA LITERATION IN THE USE OF WATTPAD : A STUDY IN THE SOCIOLOGICAL PERSPECTIVE
(1) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
(2) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Corresponding Author
Abstract
Penelitian bermaksud mendiskripsikan; (1) rasionalisasi literasi media baru, (2), dampak positif aplikasi penggunaan Wattpad. Obyek research berlandaskan analisis berbasiskan kajian komprehensif mendetail, memfokuskan content rasionalisasi literasi media baru. Lingkup pembahasan pada penganalisisan mendasar dengan membasiskan fokus kajian pokok alasan-alasan penting dalam literasi media baru, dampak literasi media baru. Aktivitas penganalisaan riset, membutuhkan pemikiran kritis realitis menerapkan sesuatu konsep pada kurun historis, baik diwaktu lalu ataupun diwaktu sedang terjadi, sehingga tepat riset menggunakan historical approach, yang berkarakteristika sangat dominan penyelidikan kritis realitis terhadap perkembangan suatu pemikiran. Sumber informasi primer dianggap sebagai komponen penting didayagunakan sebagai data primer. Penghimpunan data mendayagunakan library research, melakukan membaca bermacam-macam literatur bersubyekan literasi, media baru, wattpad serta dampak pemanfaatannya. Aktivitas analisa dilakukan secara diskriptif kualitatif, sumber analisa berasal dari berbagai koleksi bacaan teoritis, research dan bukan research. Penelitian mengutamakan diskripsi, memeriksa dan evaluatifi terhadap berbagai fakta faktual memperoleh solusi memecahkan permasalahan-permasalahan dalam fenomena, rasionalisasi literasi media baru dan dampak pemanfaatan Wattpad. Validitas bisa terwujud dibutuhkan content analysis, kegunaanya menganalisa pemaknaan konsep-konsep penting Observasi dipergunakan untuk menunjang pengkontruksian teori. Hasil penelitian adalah; (1) rasionalisasi literasi media baru menjadi solusi edukasibagi masyarakat sebab masyarakat tidak hanya berperan sebagai pengguna saja, tetapi terlibat aktif dalam penggunaan media baru. (2). Dampak positif Wattpad sebagai media baru ternyata cukup familiar, sangat menarik dengan berbagai genre cerita segar dari penulis-penulis konten, penggunanya dapat saling berhubungan, representasi positif literasi media baru berkarakteristika sebagai media bersifat partisipatif, memberikan ruang mengakses, menggunakan, serta menciptakan konten informasi.
References
Bakhtiyar. (2018). Perpustakaan Garda Bangsa: Koleksi Local Content Sebagai Kekuatan Utama Membangun Khasanah Peradaban Bangsa Melalui Implementasi Kebijakan Publik Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1990 Tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi, 2(2).
Bakhtiyar. (2019). Public Service Leadership Organization : Work Motivation And Work Productivity In-Library Organizations Within Organizational Behavior Perspectives. Equilibrium Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akutansi, 1(15).
Bakhtiyar. (2019). The Meaning of Social Interaction Through Social Networking as a Media Promotion Of Modern Library Information Services in The Sociological Perspective. Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi, 3(2).
Bakhtiyar. (2019). Dinamika Literasi Politik Menjelang Tahun 2019 : Urgensitas Memahami Perilaku Pemilih Milenial. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 2(2).
Bakhtiyar. (2019). Implementasi Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Pelaksanaan Pelayanan Prima Perpustakaan Di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. MADANI Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Sains Informasi, 17(1).
Bakhtiyar. (2020). Hard Skill, Sof Skill, and Spiritual Skill Management to Make a Superior and Integrity Library in the Perspektive of Organizational Behavior. TEST Engineering and Management, 83.
Fauzi, A. (2018). Memahami Literasi Media Baru dalam Penyebaran Informasi Hoax dan Hate Speech (Studi Fenomenologi Dosen Pengguna Facebook dan Whatsapp). Promedia, 4(2). http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/kom/article/download/1192/898
Hartanto, W. (2012). Apa Itu Media ?. Pembelajaran Literasi Media. http://belajarliterasimedia.blogspot.com/2012/12/apa-itu-media.html?m=1
Istiqomah, E. (2017). Sejarah Perkembangan Media. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/ellaisti/sejarah-perkembanganmedia_59f8873cab9273ba1e1c31dc
Kemp, S. (2020). Digital 2020: Indonesia Datareportal. Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
Nasrullah, T. . (2020). Literasi Media Baru. academia.edu. https://www.academia.edu/11951892/Literasi_Media_Baru
Putra, M. I. S. (2015). Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Anak. https://www.academia.edu/23468336/PENGARUH_TEKNOLOGI_TERHADAP_PERKEMBANGAN_ANAK_Makalah_ini_Diajukan_untuk _Melengkapi_Tugas_Akhir_Semester
Putri, K. Y. S., Prananingrum, E. N., & Safirti, D. (2018). Literasi Media Baru dan Budaya Baru di Masyarakat Indonesia. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/326913529_LITERASI_MEDIA_BARU_DAN_BUDAYA_BARU_DI_MASYARAKAT_INDONESIA
Sari, Y. K. P. (2018). Perkembangan Teknologi Informasi “Tradisi Media Lisan, Cetak, Era First Age Media, Second Age Media, Era Digital.” Binus University. https://binus.ac.id/malang/2018/07/perkembanganteknologi–informasi–tradisi-media–lisan–cetak–era–first–age–media-second-agemedia-era-digital/
Smith, C. (2020). 25 Interesting Wattpad Statistic and Facts (2020). https://expandedramblings.com/index.php/wattpadstatistics-facts/
Article Metrics
Abstract View : 508 timesArticle Fulltext Download : 620 times
DOI: 10.30742/tb.v4i2.950
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.