Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediator Pada Klinik Kecantikan London Beauty Center

Rosyidah Aulia

Abstract


This study aims to 1) Determine if brand image has a substantial impact on client loyalty at the London Beauty Center. 2) Determine if service quality has a substantial impact on client loyalty at the London Beauty Center. Determine if brand image has a substantial impact on customer satisfaction at the London Beauty Center. 4) Determine the significance of the relationship between service quality and client happiness at the London Beauty Center. 5) Determine the relationship between client satisfaction and customer retention at the London Beauty Center. 6) Determining the role of customer satisfaction as an intermediary between brand image, service quality, and customer loyalty at the London Beauty Center. In this research, the independent variables are brand perception and service quality. Customer loyalty is the dependent variable in this research. In this research, the mediating variable or interrupting variable is customer happiness. Sampling was carried out using the Non-Probability Sampling method, with the criteria of consumers in Surabaya who had purchased products. The number of sampels 110 respondents. The analysis technique to test te hypothesis is using instrument test, hypothesis test, determinant coefficient test, sobel test, path analysis. The results indicated that service quality has a positive and statistically significant impact on customer loyalty, brand image has a positive and statistically significant effect on customer loyalty, service quality has a positive and statistically significant effect on customer satisfaction, brand image has a positive and statistically significant effect on customer satisfaction,and customer satisfaction has a positive and statistically significant effect. On customer loyalty, brand image and service quality are explained through customer satisfaction as a mediator.

Full Text:

PDF

References


Adona, F. (2006). Citra Dan Kekerasan Dalam Iklan Perusahaan di Televisi. Padang Andals University Press.

Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Alma, B. (2007:130). Manajemen Pemasaran.

Amirullah, S. M. (2015). Popolasi dan Sampel (pemahaman, jenis dan tekniki). Malang: academia.

Anggraini, A. R. (2013). Pengaruh Kualitas, Citra dan Merek Terhadap Loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada pengguna layanan kartu prabayar IM3. diponegoro journal of social and politic.

Annisa J.S.P, N. (2018). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Ilmu dan reset manajemen.

Ariana, E. I. (2011). Pengaruh kualitas produk, harga, kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di Hotel Patra Bali Resort & Villas kabupaten Badung.

Armstrong Gary, P. K. (1991). Principles of marketing, 5th edition. Armstrong, P. k. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta.

Assauri, S. (2013). MAnajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Atmaja, J. (2018). Kualitas pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Pada bank BJB.

Dimas Hendika Wibowo, Z. A. (2015). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (studi pada batik diajeng solo).

Dr. M. Anang Firmansyah, S. M. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Qiara Media.

Dra. Sukanti, M. (t.thn.). Konsep Pemasaran dan Proses Manajemen Pemasaran.

Duffy, K. d. (1998). Manajemen Pemasaran.

Fatimah, D. n. (2015). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Suatu survey pada Pelanggan Bengkel Mobil Non Members Tunas Toyota,TbkCabang Gatot Subroto, Bandung).

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivarite dengan program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi.

Griselda, G. d. (2007). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen restoran pulau dua. Manajemen.

Hurriyati, Ratih. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung. Alfabeta.

Ir. Agustina Shinta, M. (2011). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.

Islami, I. L. (2021). ANALISIS PENGARUH LIBELISSI HALAL, MEREK, DAN HARGA TERHADAP PEMBELIAN PRODUK SKINCARE.

Kamaludin, A. (2021). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS KONSUMEN.

Kertajaya, H. (2007). Positioning, Differensiasi, dan Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahfoed, v. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK KECANTIKAN NAOBE SKINCARE (studi pada media dan perusahaan naobe skincare), Malang.

Maholtra, N. K. (2010). Marketing research: an applied orientation. Boston, USA.

Maimunah, S. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITA RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN. IQTISHADequity.

Miftah El Fikri, S. M., & Rizal Ahmad, S. M. (2020). STRATEGI MENGEMBANGKAN KEPUASAN PELANGGAN ONLINE SHOPDALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS SABUN PYARI). Manajemen Tools.

Muhamad Yusuf Alwi, R. P. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Ojek Online X. Bisnis, Manajemen, dan Keuangan.

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains.

Musa, M. I. (2017). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Economix.

Novan Haryono, R. O. (2014). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN MUTU LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPATNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN.

Novianti, E. d. (2018). KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Ilmiah Manajemen.

Nur Hidayati1, L. Y. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek Dan Label HalalTerhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah. JSMA.

Philip Kotler, G. A. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Onesearch

Prasastiningtyas, T. &. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepurusan Pembelian Kartu Seluler. Ilmu dan Riset Manajemen.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap. Management Analysis Journal.

Sari, S. P. (2014). Pengaruh faktor Utilitarian dan Hedonisme terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada hotel ibis rajawali surabaya. onesearch.

Rahman. (2013). Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo. Rambat, L. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa.

Ratri, Lutiary Eka. (2007). Strategi Memenangkan Persaingan Pasar. Jakarta: Salemba Empat.

Riyandi, R. (2012). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK T-SHIRT DARK CASTLETERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DISTRODARK CASTLEDI PLAZA PARAHYANGAN BANDUNG.

Santoso, D. &. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi padaKlinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management.

Setyaningrum, C. (2021). PENGARUH CITRA MEREK, KEMASAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA AULIA JAYA BAKERY & COOKIES DI DESA LEMBAH,BABADAN, PONOROGO. RCPOSITORY.

Simamora, B. (2011). Memenangkan pasar dengan Pemasaran Efektif dan profitabel. Jakarta.

S, Melka. Neria. (2012). Pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen maskapai penerbangan garuda Indonesia. lontar.ui.ac.id.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian pendidikan: pendekatan kuntitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sunarti, w. E. (2019). pengaruh beauty vlogger terhadap minat beli produk kosmetik wardah dengan citra merek sebagai variabel mediasi. ekonomi dan kewirausahaan.

Swasta, H. (2012). manajemen pemasaran analisis perilaku konsumen. Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Yogjakarta. Tjiptono, F. (2008 Hal 219). Pemasaran Jasa. Malang. Tjiptono, F. (2008 Hal 95). Pemasaran Jasa. Malang.

Tomida, M. (2016). PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK FOOTWEAR YONGKI KOMALDI. ilmu dan riset manajemen.

Wibowo, Radna Andi. (2019). Manajemen Pemasaran, Semarang, hal 2.

Zeithaml M, .. V. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed.

SUMBER LAIN

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/

https://text-id.123dok.com/document/nq7xo8eoy-sejarah-london-beauty-centre-filosofi-london-beauty-centre.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/pragmatis.v3i2.2582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

 

 

PRAGMATIS by https://journal.uwks.ac.id/index.php/pragmatis/ is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International 

 

 

 

 

PRAGMATIS
Department of Management, Faculty of Economics and Business Wijaya Kusuma Surabaya University
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225
Phone: +62315613231
email: pragmatis@uwks.ac.id 

e-ISSN 2828-8238