STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUNGA POTONG KRISAN DI PASAR BUNGA KAYOON SURABAYA
Abstract
Persaingan bisnis yang semakin ketat, pelaku bisnis wajib mengembangkan strategi bersaing dan berkembang di pasar. Permintaan bunga potong krisan musiman, pada hari besar permintaan tinggi, pada hari biasa permintaan sedang. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor - faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran bunga potong krisan dan menganalisis strategi pengembangan pemasaran bunga krisan di Pasar Bunga Kayoon Surabaya. Responden dalam penelitian ini adalah 30 pedagang yang ditentukan dengan teknik random sampling. Dengan menggunakan metode Analisis SWOT di peroleh hasil, faktor internal pemasaran bunga potong krisan yaitu kualitas bunga potong krisan grade A, lokasi pasar bunga kayoon sangat strategis , pendapatan bunga potong krisan relatif tinggi, terdapat konsumen tetap, minat konsumen pada bunga potong krisan rangkai relatif tinggi, pedagang mengetahui perkembangan penjualan bunga potong, hanya 5 varian bunga krisan yang diminati konsumen, dalam pemasaran bunga potong krisan tidak adanya skill khusus, modal untuk persediaan (stok) bunga potong krisan relatif mahal, biaya tenagakerja sama antar karyawan, biaya transportasi relatif mahal. Pada faktor eksternal, terdapat variasi bunga potong krisan yang dipasarkan cukup banyak, stand yang digunakan milik sendiri, biaya transport ke konsumen cukup mahal, pedagang telah melakukan promosi produk secara online, bunga potong krisan menjadi bunga dominan pada rangkaian, kerjasama petani dengan pedagang, pada hari besar omzet penjualan meningkat, pesaing bunga potong krisan cukup banyak, pembayaran dari konsumen sering telat, saat ini stok bunga potong krisan menipis akibat covid – 19, terdapat kepercayaan pada pedagang tentang hari pantangan yang membuat turunnya penjualan. Strategi usaha bunga potong krisan berada pada kuadran I (satu) yaitu dengan melakukan Strategi kombiasi Strenghts(Kekuatan) dan Oppourtunity(Peluang) meliputi : melakukan kerjasama bersama mitra lain untuk memperluas usaha, Penggunaan e- commers agar usaha dapat diketahui oleh seluruh konsumen diluar daerah, Menjaga kerjasama antara petani dan pedagang untuk jangka yang berkepanjangan, Meningkatkan kualitas pelayanan yang baik terhadap konsumen, meningkatkan promosi, pengembangan keterampilan pemasaran, mengupayakan pengadaan stok bunga potong krisan, meningkatkan daya saing produk dengan mempertahankan ciri khas bunga potong krisan.
Kata Kunci : bunga potong krisan, SWOT, strategi usaha
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa21220211346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fritty Fatma Rochmatul Izza, Nugrahini Susantinah Wisnujati, Koesriwulandari Koesriwulandari