ANALISIS PRENFERENSI KONSUMEN BUAH SEMANGKA (CITRULLUS LANATUS) DI PASAR TRADISONAL MONI KABUPATEN ENDE NUSA TENGGARA TIMUR

Sebastian Alvyan Wisang, Hary Sastryawanto, Koesriwulandari Koesriwulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut buah semangka yang menjadi preferensi

konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di Pasar Tradisional Moni dan untuk mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian buah semangka di. Penelitian ini dilaksanakan di pasar modern dan pasar tradisional di Pasar Tradisional Moni yang telah ditentukan. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode simple randoom sampling dengan jumlah sampel sebesar 30 responden. Atribut buah semangka yang dianalisis adalah atribut harga buah semangka , warna daging buah semangka , ukuran buah semangka , berbiji/tidaknya buah semangka dan keadaan buah semangka yang dibeli secara utuh/potongan . Metode analisis yang digunakan adalah analisis Chi-Square dan Multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis Chi-square diketahui bahwa secara signifikan terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut-atribut buah semangka. Berdasarkan analisis Multiatribut Fishbein atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian buah semangka di Pasar Tradisional Moni berturut-turut adalah harga , warna daging buah , ukuran ,berbiji / tidak , potong /tidak buah semangka .

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa21220211352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 sebastian alvian wisang



Didukung oleh: Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

 

Karya ini dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .