ANALISIS KEUNGGULAN KOMPETITIF JAHE INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

Anisa Nadila Utama, Erna Haryanti, Hary Sastrawanto

Abstract


ABSTRAK

Jahe digunakan sebagai bahan baku utama jamu dan obat tradisional. Indonesia merupakan salah satu produsen serta pengekspor jahe di dunia. Jahe sendiri tumbuh dengan baik di negara tropis seperti Indonesia. Kondisi ini cukup membuat Indonesia unggul dalam memproduksi jahe. Seringkali Indonesia mengalami fluktuasi dalam kegiatan ekspor jahe. Tingginya tingkat persaingan di tingkat regional mengharuskan negara Indonesia meningkatkan kualitas jahe indonesia agar dapat bertahan dan meningkatkan daya saing. Oleh karena itu, dalam penelitian ini mengidentifikasi faktor – faktor yang memengaruhi keunggulan kompetitif jahe Indonesia di pasar internasional. Untuk melihat daya saing menggunakan analisis RCA (Revealed Comparative Advantage) kemudian di regresi menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komoditas jahe memiliki daya saing di pasar internasional dan ekspor komoditas jahe indonesia dipengaruhi oleh produksi jahe, volume ekspor jahe dan nilai tukar rupiah terhadap dollar.

Kata Kunci : Keunggulan Kompetitif, Jahe, Pasar Internasional, RCA.

 

ABSTRACT

Ginger is used as the main raw material for herbal medicine and traditional medicine. Indonesia is one of the world's producers and exporters of ginger. Ginger itself grows well in tropical countries like Indonesia. This condition is enough to make Indonesia superior in producing ginger. Indonesia often experiences fluctuations in ginger export activities. The high level of competition at the regional level requires the Indonesian state to improve the quality of Indonesian ginger in order to survive and increase competitiveness. Therefore, this research identifies the factors that influence the competitive advantage of Indonesian ginger in the international market. To see competitiveness using RCA (Revealed Comparative Advantage) analysis then regression using multiple linear regression. Based on the results obtained shows that the ginger commodity has competitiveness in the international market and the export of Indonesian ginger commodities is influenced by the production of ginger, the volume of ginger exports and the exchange rate of the rupiah against the dollar.

Keywords : Competitive Advantage, Ginger, International Trade, RCA.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa2012020974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anisa Nadila Utama, Erna Haryanti, Hary Sastrawanto



Didukung oleh: Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

 

Karya ini dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .