Jurnal Ilmiah SOSIO AGRIBIS diterbitkan pertama kali pada tahun 2001 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Wijaya Kusuma Surabaya No. Kep. 36/UWKS/V/2001 tanggal 1 Mei 2001, dengan frekuensi terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini tulisan berisi-tulisan berupa artikel penelitian dan ulasan yang berkaitan dengan Agribisnis.
Dengan adanya perubahan nama program studi Sosial Ekonomi Pertanian menjadi program studi Agribisnis dan sejalan dengan perkembangan zaman, maka pada tahun 2015 jurnal ini berubah dengan penyesuaian publikasi online tanpa menghilangkan publikasi cetak.
Berdasarkan kutipan dari Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tertanggal 11 Mei 2023 dengan Nomor: 79/E/KPT/2023 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2022 memberikan kesimpulan bahwa Jurnal Ilmiah SOSIO AGRIBIS dengan Nomor E-ISSN: 2614-4549 ditetapkan sebagai Jurnal Ilmiah Terakreditasi Peringkat 4 mulai dari Volume 20 Nomor 2 Tahun 2020 sampai dengan Volume 25 Nomor 1 Tahun 2025.
Kami mengundang semua peneliti, ilmuwan, mahasiswa dan profesional di bidang sosial dan agribisnis untuk mempertimbangkan mengirimkan artikel untuk kemungkinan publikasi. Penulis harus mengikuti PEDOMAN PENULISAN yang ditentukan oleh jurnal untuk mempersiapkan kiriman mereka. Redaksi berhak menulis naskah tanpa mengubah atau orisinalitas ide penulis. Jika Anda ingin memberikan artikel atau ulasan, atau ingin informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi melalui email: agribisnis@uwks.ac.id
Alamat:
Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Jl. Dukuh Kupang XXV/54 Surabaya, 60225, Telp : (031) 5677577 Ext. 1602
Vol 25, No 1 (2025): Jurnal Ilmiah Sosio Agribis Vol 25 No 1
Table of Contents
Articles
Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tingkat Adopsi Petani Padi dalam Penggunaan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) (Analysis of Factors Affecting Rice Farmer’s Adoption of Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) Application)
![]() ![]() |
11-23
|
Pengaruh Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Petani Bawang Merah (The Influence of Motivation and Compensation on the Performance of Shallot Farmers)
![]() ![]() |
58-64
|
Analisis Kelayakan Bisnis Kue Kering “Phianz Cookies” di Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo (Feasibility Analysis of Pastry Business “Phianz Cookies” in Kademangan District, Probolinggo City)
![]() ![]() |
65-69
|
PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI KOPI DI DESA WEJANG MAWE KECAMATAN LAMBA LEDA TIMUR (The Role Of Agricultural Extension Workers In Increasing Coffee Production In Wejang Mawe Village, East Lamba Leda District)
![]() ![]() |
79-85
|
PENGARUH KINERJA PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PERILAKU PETANI SAYUR DI DESA TUENG KECAMATAN KUWUS BARAT (The Effect of Agricultural Extension Workers Performance on the Behaviors of Vegetable Farmers in Tueng Village, West Kuwus District)
![]() ![]() |
86-92
|
ANALISIS PERAMALAN PRODUKSI JAGUNG DI PROVINSI SUMATERA BARAT (Analysis of Maize Production Forecast in West Sumatra Province)
![]() ![]() |
93-101
|
Analisis Perbedaan Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pertanian Berdasarkan Keikutsertaan Dalam Kuliah Kewirausahaan (Analysis of Differences in Entrepreneurial Intentions of Agricultural Students Based on Participation in Entrepreneurship Courses)
![]() ![]() |
111-118
|
PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOPI KELILING DI JAWA TIMUR (The Influence of Consumer Behavior and Marketing Mix on The Purchase Decisions of Mobile Coffee Consumers in East Java)
![]() ![]() |
119-128
|
PERSEPSI KONSUMEN SEBAGAI MEDIATOR ANTARA KEPRIBADIAN MEREK DAN PENGALAMAN MEREK: STUDI PADA AGROINDUSTRI OLEH-OLEH MAKANAN MILIK SELEBRITI DI MALANG, INDONESIA (Consumer Perception as a Mediator Between Brand Personality and Brand Experience: A Study of Celebrity-Owned Souvenir Food Agroindustries in Malang, Indonesia)
![]() ![]() |
129-141
|
Strategi Pemasaran Komoditas Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) di Pasar Keputran Surabaya (Marketing Strategy of Shallot Commodity (Allium ascalonicum L.) in Keputran Market Surabaya)
![]() ![]() |
159-168
|
DAMPAK PELATIHAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PETANI DI KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN (The Impact of Financial Literacy Training on Financial Inclusion of Farmers in Tutur District, Pasuruan Regency)
![]() ![]() |
169-176
|
Bisnis Makanan: Profil, Prospek, dan Harapan Konsumen (Studi Kasus Sentra Wisata Kuliner (SWK) Bratang Binangun Surabaya, Jawa Timur) Food Business: Profile, Prospects, and Consumer Expectations (Case Study of Bratang Binangun Culinary Tourism Center (SWK) Surabaya, East Java)
![]() ![]() |
177-183
|
Pengaruh Harga, Suasana Toko, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Vanko Coffee Surabaya (The Influence of Price, Store Atmosphere, and Service Quality on Purchasing Decisions at Vanko Coffee Surabaya)
![]() ![]() |
184-191
|
PENGEMBANGAN AGROFORESTRY TEBU SEBAGAI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERHUTANI KPH JOMBANG MELALUI PROGRAM KEMITRAAN KEHUTANAN PERHUTANI (Sugarcane Agroforestry Development as Perhutani KPH Jombang Social Responsibility Through the Perhutani Forestry Partnership Program)
![]() ![]() |
203-213
|
ANALISIS PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER KANDANG TERTUTUP (Studi Kasus di CV. Ayam Dekem Tengah Sawah) (Analysis of Income Closed Cage Broiler Chicken Farming Business (Case Study at CV. Ayam Dekem Tengah Sawah)
![]() ![]() |
214-221
|
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KINERJA PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN DI KABUPATEN KONAWE UTARA (Analysis of Farmers Satisfaction Level Towards the Performance of Field Agricultural Extension Workers in North Konawe District)
![]() ![]() |
222-232
|