ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPA KELAS 4 PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDN BUARAN JATI 2

Laila Febriyani Suteja, Sa'odah Sa'odah, Septy Nurfadhillah

Abstract


Pemahaman konsep IPA merupakan suatu kemampuan siswa dalam memahami makna dari suatu konsep dalam sebuah pembelajaran, dan sejauh mana siswa mengerti atas apa yang ia baca. Selain itu pemahaman konsep IPA adalah seorang siswa yang memiliki pemahaman is mampu menjelaskan Kembali materi yang sudah di pelajarinya berdasarkan pemahamannya sendiri sehingga pembelajaran akan menjadi bermakna. Fokus penelitian ini adalah analisis pemahaman konsep IPA SD kelas 4 pada pembelajaran jarak jauh di SDN Buaranjati 2. Jenis pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, dimana pada hal ini peneliti memahami fenomena yang terjadi dan untuk menjaga kealamian data dari penelitian ini, maka peneliti ikut terlibat secara aktif dan turun langsung ke lapangan, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari 3 teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara secara langsung dan dokumentasi. Data yang di peroleh kemudian di olah dengan menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk kredibilitas data dilakukan melalui pengecekan prosedur triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukan bahwa  : analisis pemahaman konsep IPA SD kelas 4 pada pembelajaran jarak jauh di SDN Buaranjati 2 dilakukan melalui 4 aspek diantaranya memahami contoh dan bukan contoh, menyatakan ulang sebuah makna, membandingkan makna dari sebuah konsep, dan menyimpulkan sebuah konsep. Dari ke empat aspek tersebut dapat diketahui bahwa pemahaman konsep IPA di kelas 4 sudah dilaksanakan dengan baik, meskipun belum sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keywords


Pemahaman konsep IPA

Full Text:

PDF

References


A. G. Prawiyogi. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di SDIT Cendekia Purwakarta. Karawang : Universitas Buana Perjuangan Karawang.

D. Surahman. (2014). Meningkatkan Hail Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkairaat Towera. Palu : Universitas Tadulako.

Mawardi. (2019). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Samudera Biru.

Nengrum, T.A, dkk (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Gorontalo : Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai

Ningsih, S. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Repredentasi Matematis Siswa yang diajar dengan Metode Pembelajaran Learning Cycle dan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di MAN 1 Medan. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Salim N Dede, dkk. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Majalengkah : Universitas Majalengkah.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. . Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Widyanti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Daring Luring, BdR. jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i2.1721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020