PENGEMBANGAN GAME EDUCATION PEMBELAJARAN PKN MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA DI KELAS V SD

Sri Devi Rambe

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game education pada pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama kelas V SD. Media game education tersebut untuk memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan R&D (research and development) dengan model ADDIE yaitu analisis, design, development, implemetation, evaluatation. Pengumpulan data melalui observasi, Desain produk menggunakan aplikasi Quizizz. Penilaian produk game education divalidasi oleh ahli media dan materi yaitu dua dosen Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah Medan. Hasil dari penilaian dari tahap validasi dijadikan bahan dalam melakukan revisi game education. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi oleh validator ahli materi dan media game education pembelajaran IPA materi menghargai keputusan bersama termasuk dalam kategori “baik” dan layak digunakan. Dengan demikian, pengembangan media game education pada pelajaran PKn kelas V SD layak digunakan oleh sekolah, guru, dan siswa.

Kata Kunci: Pengembangan game education, Pembelajaran PKn.


Full Text:

PDF

References


Andang Ismail. 2009. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta : Pilar Media.

Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Fathul Mujib dan Nailur Rahmawati, Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press,2011.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi : 2. Jakarta : PT Indeks.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i2.1825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020