Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi IPA Untuk Siswa Kelas IV SD

Syera Pramesila

Abstract


Pengembangan media ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan keefektifan media pembelajaran augmented reality sebagai sumber pembelajaran pembelajaran IPA kelas IV SD. Model ASSURE, yang memiliki enam tahap, digunakan dalam penelitian dan pengembangan media augmented reality. Tahapan tersebut adalah: (1) analisis siswa; (2) penyusunan standar dan tujuan pembelajaran; (3) metode pemilihan, media, materi, dan strategi yang digunakan; (4) pemanfaatan media dan material; (5) dorongan partisipasi siswa; dan (6) evaluasi dan revisi atau perbaikan. Siswa kelas IV menjadi subjek pembuatan media Augmented Reality. Penggunaan media Augmented Reality dalam pembelajaran IPA kelas IV telah disetujui. Informasi ini diperoleh dari temuan validasi ahli media, praktisi, dan teman sejawat. Setelah dilakukan uji validitas, siswa melakukan uji coba, diberikan soal pretest, kemudian diberikan soal posttest untuk menilai kualitas dan keefektifan penggunaan media Augmented Reality. Semua siswa mampu mencapai nilai KKM yang dipersyaratkan, menurut hasil tes yang diperoleh dengan menggunakan media Augmented Reality, dengan skor rata-rata 83. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa pembuatan media augmented reality berguna untuk digunakan ketika proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2001). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Atmaka. (2021). Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Google. Diakses dari Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) (infoasn.id) pada 5 Desember 2022 pukul 21:39

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8(2). 1-10

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 13(2). 174-183

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro. 1(1). 36-48

Nurita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah. 3(1). 171-187

Permana M S, dan Dhami J. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma. 11(2). 254-263

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Mambuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Iptek. 20(1). 95-108

Setyawan B, dan Ach Noor Fatirul. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. 7(1). 78-90.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. 1(2). 91-100.

Zakky, 2020. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Google. Diakses dari Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum (zonareferensi.com) pada 5 Desember 2022 pukul 20:43




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i2.2617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020


slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor