Identifikasi Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar

fatma wilda

Abstract


Internalisasi nilai[1]nilai kearifan lokal yang semestinya dimiliki oleh anak-anak  Kearifan local merupakan ciri khas suatu daerah atau wilayah tertentu yang memiliki nilai kebudayaan, berkembang dengan lingkup local dari generasi ke generasi berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bahan ajar berbasis kearifan local di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SDN 192 Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulanbangsa masih bersifat parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di SDN 192 Kota Pekanbaru masih Menggunakan bahan ajar dari penerbit pemerintah. Matari yang dimuat dalam buku tersebut masih bersifat umum. Guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis kearifan local karena minimnya pengetahuan guru tentang teknologi informasi computer serta waktu yang memadai. Guru suda berusaha menyisipkan nilai-nilai kearifan local melalui ucapan lisan.

 


Keywords


Bahan Ajar, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Ahma. (2017). Kearifan Lokal Dan Pendidikan IPS: Studi Peduli Lingkungan Dalam Hutan Larangan Masyarakat Adat Kampar. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 4.

Apriliya D, R. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN Duduklor Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan.

Hidayat, D. (2017). Kearifan Lokal Ulun Lampung PR Budaya Melalui Pendekatan Etnografi PR. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Bina Sarana Imformatika, 4(4).

Lisanul Uswah Sadieda, B. W., Kirana, R. D., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7.

Nafia Wafiqni, M.Pd.; Siti Nurani, S. P. (2021). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10.

Ningrum Melihayatri, Z. H. R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Riau Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pekanbaru. Journal of Elemantary School (JOES), 4.

Noviana, E. dkk. (n.d.). Siak Culture on Local Wisdom-Based Teaching in Primary School: A Preliminary Study. Advance Science Letters.

Sularso. (2016). Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1.

Suswandari. (2016). Pemahaman Sejarah, Budaya Dan Kearifan Lokal Etnik Betawi Pada Guru Sekolah Dasar Di Wilayah DKI Jakarta. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah.

Zainal Fuad, Misabah Sri Hartini, dan Z. (2018). Identifikasi Kearifan local Kalimantan Selatan Sebagai Sumber Belajar Fisika Kelas X. Seminar Nasional Pendidika. Banjarmasin.

Zinnurain., & Muzanni, A. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i2.2618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020