Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Dongeng Dengan Penerapan Metode Demostrasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode unjuk rasa dalam meningkatkan proses belajar dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa. Tempat penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di SD Negeri 1 Bone-Bone tahun pelajaran 2022/2023. Pengamatan dibagi dalam tiga putaran, yaitu putaran 1, 2, dan 3, di mana masing-masing putaran dikenal perlakuan yang sama (alur kegiatan yang sama) dan membahas satu sub pokok bahasan membuat kalimat yang diakhiri dengan tes harian di akhir setiap putaran. Tercapai dalam tiga putaran dimaksud untuk memperbaiki sistem pengajaran yang telah dilaksanakan.Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi metode pengolahan pembelajarn demonstrasi, observasi aktivitas siswa dan guru, dan tes harian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ampera, T. 2010. Pengajaran Sastra : Teknik Mengajar Sastra Anak
Berbasis Akktivitas. Widya Padjajaran : Bandung.
Endayani, TB. Rina Cut. Agustina, Maya. 2020. “ Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” dalam Al-Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 5 (2) hal 150-158. STAIN Teuku Direndung Meulaboh.
Utami Maulida, Zakaria. 2021. “One Day One Dongen Sebagai Upaya Mengembangkan Keterampilan Membaca Generasi Alpha”. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 9 (2), 50-62. Universitas Islam Sultan Agung. Yung Antoniua, Mastar Asran, Abdussamas. 2013. “Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Tanjungpura Pontianak”. Universitas Tanjungpura Pontianak.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Surabaya: Usaha Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i1.3019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
RECOMMENDED TOOLS:
Supported by:
Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License