Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Dongeng Dengan Penerapan Metode Demostrasi

Wanda Triatni Hisda, Muhammad Yusnan, Firasti Firasti, Tuty Purwaningsih, La Ode Aras

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode unjuk rasa dalam meningkatkan proses belajar dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa. Tempat penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di SD Negeri 1 Bone-Bone tahun pelajaran 2022/2023. Pengamatan dibagi dalam tiga putaran, yaitu putaran 1, 2, dan 3, di mana masing-masing putaran dikenal perlakuan yang sama (alur kegiatan yang sama) dan membahas satu sub pokok bahasan membuat kalimat yang diakhiri dengan tes harian di akhir setiap putaran. Tercapai dalam tiga putaran dimaksud untuk memperbaiki sistem pengajaran yang telah dilaksanakan.Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi metode pengolahan pembelajarn demonstrasi, observasi aktivitas siswa dan guru, dan tes harian.

 


Keywords


PGSD

Full Text:

PDF

References


Ampera, T. 2010. Pengajaran Sastra : Teknik Mengajar Sastra Anak

Berbasis Akktivitas. Widya Padjajaran : Bandung.

Endayani, TB. Rina Cut. Agustina, Maya. 2020. “ Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” dalam Al-Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 5 (2) hal 150-158. STAIN Teuku Direndung Meulaboh.

Utami Maulida, Zakaria. 2021. “One Day One Dongen Sebagai Upaya Mengembangkan Keterampilan Membaca Generasi Alpha”. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 9 (2), 50-62. Universitas Islam Sultan Agung. Yung Antoniua, Mastar Asran, Abdussamas. 2013. “Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Tanjungpura Pontianak”. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Surabaya: Usaha Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i1.3019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020