Peran Bujang Dara Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Literasi Siswa di SD Negeri 17 Pekanbaru

Era Melanika, Febrina Dafit

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti peran bujang dara literasi dalam menumbuhkan minat literasi siswa di SD Negeri 17 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan yakni metode penelitian deskriptif kualitatif. Dimana penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang memiliki tujuan yakni menggambarkan secara untuk dan mendalam tentang fenomena yang terjadi di masyarakat yang merupakan subjek dari penelitian sehingga tergambar ciri, karakter, sifat serta model dari fenomena tersebut. Peneliti memilih penelitian ini dikernakan hasil kajian diperoleh dari data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun wawancara yang dilakukan oleh peneliti diambil dari subjek yakni kepala perpustakaan, pustakawan,  2 orang bujang dara literasi yang dipilih secara acak dan 2 siswa SD Negeri 17 pekanbaru yang dipilih secara acak.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa bujang dara literasi memiliki peran yang signifikan dalam merangsang minat literasi siswa. Mereka menjadi model peran yang menginspirasi siswa untuk lebih aktif terlibat dalam membaca, menulis, dan berbagai aktivitas literasi lainnya. Melalui interaksi dan dukungan mereka, siswa merasa termotivasi dan lebih terbuka terhadap dunia literasi.


Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi. & Juhan, Setiawan. 2018. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jawa Barat: CV Jejak.

Anshori, Dandang S. & Damaianti, Vismaia Sabariah. 2021. literasi dan pendidikan literasi. Bandung: Rosda BOD Bandung.

Dafit, Febrina, Dea Mustika, dan Ningrum Melihayatri. 2020. “Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa.” Jurnal Basicedu 4(1): 117–30.

Dewayani, Sofie. 2017. Menghidupkan Literasi Di Ruang Kelas. Sukabumi: Haura Utama.

Evitasari, Dwi, Lilis. 2019. “Peran Duta Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Al Falah Surabaya.” Jurnal skripsi: 10. https://repository.unair.ac.id/88481/.

Fayza, Agrisa Alya, Dadi Mulyadi Nugraha, dan . Supriyono. 2021. “Pengaruh Literasi Terhadap Perkembangan Pembelajaran Pkn.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN 6(1): 57–65.

Hasan, Samsurijal, dkk. 2022. Studi Kelayakan Bisnis. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Hendayana, Rachmad. 2020. Mendobrak Keraguan MENULIS. Global Media Publikasi.

Herniwati, dkk. 2020. Artikel Profesi Dan Hukum Kesehatan. Bandung: Widina.

Julandi , Galant, Irma dan Suharningsih. 2018. “Upaya Sekolah Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca Siswa Di SMK Negeri 1 Sidoarjo.” kajian Moral dan Kewarganegaraan 06.

Khair, Fathul. 2021. “Peran Publik Figur Dalam Optimalisasi Penghimpunan Zakat, Infaq dan Sedekah di Kabupaten Tolitoli.” JEKSYAH (Islamic Economics Journal) 1(1): 1–15.

Khairani, Maya, dkk. 2019. TERAS LITERASI. Aceh: Tim Syiah Kuala University Press.

Maulidia, N,N, dkk. 2022. Perilaku Organisasi. Sumatera Barat: Get Press.

Nafisah, Aliyatin. 2014. “Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat.” Jurnal Perpustakaan Libraria 2(2): 70–81.

Pradana, Nurul Fatimah, Totok Rochana. 2017. “Pelaksanaan gerakan literasi sekolah sebagai upaya membentuk habitus literasi siswa di sma negeri 4 magelang.” Skripsi 6(2): 12–25.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis Metode Dan Prosedur. Bandung: Kencana Prenada Media Grup.

Sanusi, Achmad. 2017. Sistem Nilai. Bandung: Nuansa.

Sidik, Zafar, dan A Sobandi. 2018. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(2): 50.

Susanti, Leli. 2021. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Minat Baca Peserta Didik Kelas Iv Min 7 Bandar Lampung.” Skripsi: 2013–15.

Suwandi, Sarwiji. 2019. Pendidikan Literasi. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Taufan, Ade. 2019. “Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Smk N 3 Sungai Penuh Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh.” Jurnal Tunas Pendidikan 1(2): 58–64.

Triatma, Ilham Nur. 2016. “Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta.” E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan 5: 166–77. www.bps.go.id.

Triyono, Triyono, dan Rahmi Dwi Febriani. 2018. “Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Wahana Konseling 1(2): 74.

Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i1.3149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020