Pengaruh Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Minat Belajar PKn

Karolina Wafom, Ahmad Yulianto, Supriyati Fatma Rabia

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) terhadap minat belajar PPKn di kelas IV SD Inpres 13 Kumurkek Kabupaten Maybrat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Inpres 13 Kumurkek Kabupaten Maybrat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan angket, observasi aktivitas siswa  dan dokumentasi, dengan menggunakan soal angket belajar pretest yang berjumlah 20 pernyataan yang dibagikan kepada seluruh sampel penelitian. diperolah thitung = 14.506 dan harga ttabel dengan  = 0,05 dan dk = (23+23-2) = 44 adalah 1,68. Karena thitung > ttabel (14.506  > 1,68) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Jadi minat belajar siswa yang diajar menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving) lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar siswa yang tidak diajar menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving), ini berarti bahwa penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) berpengaruh terhadap minat belajar PPKn Kelas IV SD Inpres 13 Kumurkek Kabupaten Maybrat.


Keywords


Pemecahan Masalah, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arifin, M. B., Pandi, R., & Nurdyansyah. (2017). “An Evaluation of Graduate Competency in Elementary School.” Advances in Social Science, Education and Humanities Research 125: 97-95.

Djamarah, S.B dan Aswan, Z. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2016). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hamiyah, N. Dan M. Jauhar. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Khairani, Indah dan Rini Safitri. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha Rukoh Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 32- 47.

Khodijah, Nyayu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusumawati, R. Nayazik, A. (2017). Kecemasan Matematika Siswa SMP Berdasarkan Gender. 1(2): 92-99.

Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 6.

Mawardi., dan Mariati. (2016). Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 3 SD di Gugus Ponegoro-Tenggaran. Jurnal Scholaria. 6(1): halaman 127-142.

Mbulu, J. (2017). Pengajaran Individual. Malang: Yayasan Elang Mas.

Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02), 1–14.

Slameto. (2015) . Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Suprijono, Agus. (2015). Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Pustaka pelajar. Yogyakarta.

Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Suyono dan Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020