Pengembangan Media Puzzle Suku Kata Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 182 Pekanbaru
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggeraeni, Sri Wulan. (2019).
Pengaruh Media Krtu Kata
Terhadap Kemampuan
Membaca Permulaan Siswa
Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu. Vol 3 No.2
Ari Musodah. (2018). Skripsi:
“Peningkatan Kemampuan
Membaca Permulaan Melalui
Media Kartu Kata Bergambar
pada Anak Kelompok B2 RA
Ma’arif NU Karang Tengah
Kertanegara Purbalingga”
Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta
Arsyad Azhar.(2019). Media
Pembelajaran. Jakarta:
Pt.Rajawali Pers
Bahar&Risnawati. (2019). Pengaruh
Penggunaan Media Puzzle
Terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas III
SD di Kabupaten Gowa.
Skripsi. Program Sarjana
UNSA Makasar
Baharudin. (2022). Implementasi
Model Media Crosword Puzzle
Bergambar Suatu Alternatif
Media Pembelajaran Selama
Pandemi Covid-19 Di
Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal
Madrasah Ibtidaiyah. Vol 7
No. 2
Batubara, Hamdan Husein. (2021).
Media Pembelajaran Digital.
Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya
Dalaman. (2018). Keterampilan
Menulis. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada.
Daryanto. (2018). Media
Pembelajaran. Yogyakarta:
Gava Media
Dirneti dkk. (2021). Pengembangan
Media Pembelajaran Kolase
Pemanfaatan Daur Ulang
Sampah pada Pembelajaran
Tema 2 Subtema 3 Siswa
Kelas I Sekolah Dasar Swasta.
Jurnal Pendidikan MINDA 3
(1): 34-37
Ekayani, Putu. (2018). Pentingnya
Penggunaan Media
Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar
Siswa. Jakarta.
Ela, Latiful Fajriyah. (2017).
Penerapan Media Puzzle Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Mata Pelajaran IPS
Kelas V SDN 01 Sumberrejo
Kota Gajah. Skripsi. Institut
Penerapan Media Puzzle Suku Kata…
Agama Islam Negeri Metro.
Fikri, Hasanul dkk. (2018).
Pengemabangan Media
Pembelajaran Berbasis
Multimedia Interaktif.
Yogyakarta: Samudra Biru
Ganda, Gilar. (2019). Alat
Permainan Edukatif untuk
Anak Usia Dini ( Teori &
Konsep Dasar ). Tasikmalaya :
Ksatria Siliwangi
Hamzah, A. (2019). Metode
Penelitian Dan Pengembangan
Research & Development.
Malang: Literasi Nusantara.
Hapsari. (2019). Penerapan
Membaca Permulaan Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Membaca Siswa. Aksara.
Jurnal Bahasa Dan Sastra.
(1)
Harianto, E. (2020). Keterampilan
Membaca Dalam Pembelajaran
Bahasa. Jurnal Didaktika
Tauhid. Vol 9 No. 1
Harianto, Erwin. (2020). Metode
Bertukar Gagasan Dalam
Pembelajaran Keterampilan
Berbicara. Jurnal
DIDAKTIKA, 9(4), 411-422.
Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar,
T. (2017). Pengaruh Brain
Training Terhadap Tingkat
Inteligensia Pada Kelompok
Usia Dewasa Muda. Jurnal
Kedokteran Diponegoro. 6(2).
–416.
Junaida. (2018). Pembelajaran
Bahasa Indonesia di MI/SD.
Medan: Perdana Publishin
Juwita, Dwi R. (2018). Penerapan
Model Pembelajaran Lansung
Untuk Meningkatkan
Keterampilan Membaca
Permulaan Siswa Sekolah
Dasar. JPGSD. Vol. 6 No.8.
-1416
Kadir, D. (2019). Upaya
Meningkatkan Kemampuan
Membaca Permulaan Pada
Siswa Kelas I SDN 05
Wanggarai Tahun 2014/2015
Melalui Media Gambar. Jurnal
Ilmu Pendidikan Non Formal
(3),93.
KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta
Khomsoh, R. (2017). Penggunaan
Media Puzzle Suku Kata Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Ips Siswa.
Krissandi, Sagita. (2018).
Pembelajaran Bahasa
Indonesia untuk SD. Bekasi:
Media Maxima.
Kuntarto. (2018). Modul Mata
Kuliah Kebahasaan Teknik
Penyusunan Karya Tulis
Ilmiah Bidang Kependidikan
Jambi. Skripsi. Universitas
Jambi
Latif. (2018). Media Quizizz Sebagai
Aplikasi Assesment
Pembelajaran. Makassar: Nas
Media Pustaka
Madyawati, Lilis. (2017). Strategi
Pengembangan Bahasa Pada
Anak. Jakarta : Kencana
Mashuri, Suftri. (2019). Media
Pembelajaran Matematika.
Yogyakarta : Deepublish
Muammar. (2020). Membaca
Permulaan di Sekolah Dasar.
Mataram: Sanabil
Nevyanti. (2017). Media Puzzle
Putri & Dafit
Suku Kata dalam Pembelajaran
Membaca Menulis Permulaan
(MMP) di Kelas I Sekolah
Dasar. Vol 4, No. 2
Ningrum, A. (2018).
Mengembangkan Kemampuan
Membaca Permulaan Melalui
Media Pembelajaran Audio
Visual. Jurnal Pendidikan. Vol
No.2
Nurul Hidayah dan Novita. (2017).
Peningkatan Kemampuan
Membaca Permulaan dengan
Menggunakan Metode Struktur
Analitik Sintetik (SAS) Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia
pada Peserta Didik Kelas II C
Semester II di MIN 6 Bandar
Lampung T.A 2015/2016.
Terampil Jurnal Pendidikan
dan Pembelajaran Dasar. Vol.
No.1
Partijem. (2017). “Meningkatkan
Kemampuan Membaca
Permulaan Melalui Media
Flannel Pintar Kelompok A TK
Negeri Pembina Bantul”.
Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 6
Edisi. 1
Rahmawati. (2017). “Strategi
Pembelajaran Membaca dan
Menulis Permulaan Melalui
Media Kata Bergambar”.
Jurnal SAP. Vol. 1 No. ⁵
Rista, Dwi Permata. (2020).
Pengaruh Permainan Puzzle
Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Anak
Usia 4-5 Tahun. Jurnal
Penelitian Inovasi
Pembelajaran. Vol 5 No.2
Sadiman, Arief S. (2018). Media
Pendidikan Pengertian,
Pengembangan &
Pemanfaatanya. Jakarta: PT
Raja Grafindo.
Sanjaya, Citra Oki dkk. (2019).
Pengembangan Media Puzzle
Sebagai Media Pembelajaran
Biologi pada Materi Eubacteria
di SMA/MA. Jurnal Bioilmi, 1
(1): 95-99
Siti Aida, dkk. (2018).
“Meningkatkan Keterampilan
Membaca Awal Melalui
Metode Struktural Analitik
Sintetik dengan Media Audio
Visual”. Jurnal Ilmiah
Potensia. Vol. 3 (1).
Sobiri, Ali dkk. (2022).
Pengembangan Media Puzzle
Untuk Menulis Karangan
Narasi pada Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Prakarsa
Paedagogi, 5 (2) 442-450
Sohibun & Ade, F.Y. (2017).
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Virtual
Class Berbantuan Google
Drive. Tadris: Jurnal Keguruan
Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121-
St. Y. Slamet. (2017). Dasar-Dasar
Pembelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia di Sekolah
Dasar. Surakarta: UNS Press,
Edisi II. Cet.3
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Bandung: Alfabeta CV
Sukamdinata, Nana Syaodi. (2017).
Metode Penelitian Pendidikan,
Cet. 12. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Offset.
Sukmawati, Fatmawati. (2021).
Media Pembelajaran. Grup
Penerapan Media Puzzle Suku Kata…
Penerbit: CV Tahta Media
Group
Suryana, dadan. (2018). Pendidikan
Anak Usia Dini Stimulasi Dan
Aspek Perkembangan Anak.
Jakarta : Prenada Media Group
Suryani, Nunuk. (2018). Media
Pembelajaran Inovatif.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Susanto, A. (2018). Teori Belajar
dan Pembelajaran di Sekolah
Dasar. Jakarta: Kencana
Prenadamedia Group
Sy'aban, Jamil. (2016). Perminan
Cerdas & Kreatif. Jakarta:
Penebar plus
Tafonao,T. (2018). Peran Media
Pembelajaran Dalam
Meningkatkan Minat Belajar
Mahasiswa. Jurnal Komunikasi
Pendidikan. Vol 2 No.4
Tawaduddin, Nawafilaty. (2017).
Penanaman Nilai-Nilai Agama
Melalui Media Berbasis Puzzle
Pada Anak Usia Dini AlHikmah. Journal Of Early
Chidhood Islamic Education.
Vol 1 No. 1
Titania R.B, Bahtiar R.S & Jarmani
(2021). Peningkatan
Kemampuan Membaca dan
Menyimak dengan
Menggunakan Metode Speed
Reading Pada Pembelajaran
Bahasa Indonesia. Trapsila:
Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2)
Tirmidziani, Astri EIIVa Rahmati.
(2019). APE InoIIVatif Untuk
Anak Usia Dini. Jawa Barat
:Edu Publisher
Trianto. (2018). Desain
Pengembangan Pembelajaran
Tematik Bagi Anak Usia Dini
TK/RA & Anak Usia Kelas
Awal SD/MI. Jakarta:
KENCANA
Utama, Adi Putra. (2020). Validasi
Pengembangan Media Puzzle
Kelas V di MI Islamiyah
Dengan Tema Perubahan
Lingkungan Mempengaruhi
Air Tanah. Jurnal Pendidikan 5
(2): 2580-3913
Utami, N.PM.A., Ganing, N &
Kristiantari M.G.R. (2020).
Model Make a Match
Berbantuan Media Puzzle Suku
Kata Berpengaruh Terhadap
Keterampilan Menulis. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Profesi
Guru. Vol. 3 No. 1
Yani, Muhammad. (2018). Media
dan Teknologi Pembelajaran.
Jakarta: Prenadamedia Group
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i1.3647
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
RECOMMENDED TOOLS:
Supported by:
Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License