Pengembangan Media Puzzle Suku Kata Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 182 Pekanbaru

Syarifadillah Putri, Febrina Dafit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle suku kata sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di SDN 182 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan, yang meliputi beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, perancangan media. Data dikumpulkan melalui wawancara dan lembar angket terhadap media puzzle suku kata yang dikembangkan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif, terutama dalam konteks pembelajaran membaca di tingkat permulaan. Selain itu, diharapkan juga dapat menjadi referensi bagi pihak sekolah dan guru dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I.

Keywords


Pengembangan, Media puzzle suku kata

Full Text:

PDF

References


Anggeraeni, Sri Wulan. (2019).

Pengaruh Media Krtu Kata

Terhadap Kemampuan

Membaca Permulaan Siswa

Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu. Vol 3 No.2

Ari Musodah. (2018). Skripsi:

“Peningkatan Kemampuan

Membaca Permulaan Melalui

Media Kartu Kata Bergambar

pada Anak Kelompok B2 RA

Ma’arif NU Karang Tengah

Kertanegara Purbalingga”

Yogyakarta: Universitas

Negeri Yogyakarta

Arsyad Azhar.(2019). Media

Pembelajaran. Jakarta:

Pt.Rajawali Pers

Bahar&Risnawati. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Puzzle

Terhadap Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas III

SD di Kabupaten Gowa.

Skripsi. Program Sarjana

UNSA Makasar

Baharudin. (2022). Implementasi

Model Media Crosword Puzzle

Bergambar Suatu Alternatif

Media Pembelajaran Selama

Pandemi Covid-19 Di

Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal

Madrasah Ibtidaiyah. Vol 7

No. 2

Batubara, Hamdan Husein. (2021).

Media Pembelajaran Digital.

Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Dalaman. (2018). Keterampilan

Menulis. Jakarta : PT Raja

Grafindo Persada.

Daryanto. (2018). Media

Pembelajaran. Yogyakarta:

Gava Media

Dirneti dkk. (2021). Pengembangan

Media Pembelajaran Kolase

Pemanfaatan Daur Ulang

Sampah pada Pembelajaran

Tema 2 Subtema 3 Siswa

Kelas I Sekolah Dasar Swasta.

Jurnal Pendidikan MINDA 3

(1): 34-37

Ekayani, Putu. (2018). Pentingnya

Penggunaan Media

Pembelajaran Untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar

Siswa. Jakarta.

Ela, Latiful Fajriyah. (2017).

Penerapan Media Puzzle Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa Mata Pelajaran IPS

Kelas V SDN 01 Sumberrejo

Kota Gajah. Skripsi. Institut

Penerapan Media Puzzle Suku Kata…

Agama Islam Negeri Metro.

Fikri, Hasanul dkk. (2018).

Pengemabangan Media

Pembelajaran Berbasis

Multimedia Interaktif.

Yogyakarta: Samudra Biru

Ganda, Gilar. (2019). Alat

Permainan Edukatif untuk

Anak Usia Dini ( Teori &

Konsep Dasar ). Tasikmalaya :

Ksatria Siliwangi

Hamzah, A. (2019). Metode

Penelitian Dan Pengembangan

Research & Development.

Malang: Literasi Nusantara.

Hapsari. (2019). Penerapan

Membaca Permulaan Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Membaca Siswa. Aksara.

Jurnal Bahasa Dan Sastra.

(1)

Harianto, E. (2020). Keterampilan

Membaca Dalam Pembelajaran

Bahasa. Jurnal Didaktika

Tauhid. Vol 9 No. 1

Harianto, Erwin. (2020). Metode

Bertukar Gagasan Dalam

Pembelajaran Keterampilan

Berbicara. Jurnal

DIDAKTIKA, 9(4), 411-422.

Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar,

T. (2017). Pengaruh Brain

Training Terhadap Tingkat

Inteligensia Pada Kelompok

Usia Dewasa Muda. Jurnal

Kedokteran Diponegoro. 6(2).

–416.

Junaida. (2018). Pembelajaran

Bahasa Indonesia di MI/SD.

Medan: Perdana Publishin

Juwita, Dwi R. (2018). Penerapan

Model Pembelajaran Lansung

Untuk Meningkatkan

Keterampilan Membaca

Permulaan Siswa Sekolah

Dasar. JPGSD. Vol. 6 No.8.

-1416

Kadir, D. (2019). Upaya

Meningkatkan Kemampuan

Membaca Permulaan Pada

Siswa Kelas I SDN 05

Wanggarai Tahun 2014/2015

Melalui Media Gambar. Jurnal

Ilmu Pendidikan Non Formal

(3),93.

KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta

Khomsoh, R. (2017). Penggunaan

Media Puzzle Suku Kata Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Ips Siswa.

Krissandi, Sagita. (2018).

Pembelajaran Bahasa

Indonesia untuk SD. Bekasi:

Media Maxima.

Kuntarto. (2018). Modul Mata

Kuliah Kebahasaan Teknik

Penyusunan Karya Tulis

Ilmiah Bidang Kependidikan

Jambi. Skripsi. Universitas

Jambi

Latif. (2018). Media Quizizz Sebagai

Aplikasi Assesment

Pembelajaran. Makassar: Nas

Media Pustaka

Madyawati, Lilis. (2017). Strategi

Pengembangan Bahasa Pada

Anak. Jakarta : Kencana

Mashuri, Suftri. (2019). Media

Pembelajaran Matematika.

Yogyakarta : Deepublish

Muammar. (2020). Membaca

Permulaan di Sekolah Dasar.

Mataram: Sanabil

Nevyanti. (2017). Media Puzzle

Putri & Dafit

Suku Kata dalam Pembelajaran

Membaca Menulis Permulaan

(MMP) di Kelas I Sekolah

Dasar. Vol 4, No. 2

Ningrum, A. (2018).

Mengembangkan Kemampuan

Membaca Permulaan Melalui

Media Pembelajaran Audio

Visual. Jurnal Pendidikan. Vol

No.2

Nurul Hidayah dan Novita. (2017).

Peningkatan Kemampuan

Membaca Permulaan dengan

Menggunakan Metode Struktur

Analitik Sintetik (SAS) Mata

Pelajaran Bahasa Indonesia

pada Peserta Didik Kelas II C

Semester II di MIN 6 Bandar

Lampung T.A 2015/2016.

Terampil Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran Dasar. Vol.

No.1

Partijem. (2017). “Meningkatkan

Kemampuan Membaca

Permulaan Melalui Media

Flannel Pintar Kelompok A TK

Negeri Pembina Bantul”.

Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 6

Edisi. 1

Rahmawati. (2017). “Strategi

Pembelajaran Membaca dan

Menulis Permulaan Melalui

Media Kata Bergambar”.

Jurnal SAP. Vol. 1 No. ⁵

Rista, Dwi Permata. (2020).

Pengaruh Permainan Puzzle

Terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Anak

Usia 4-5 Tahun. Jurnal

Penelitian Inovasi

Pembelajaran. Vol 5 No.2

Sadiman, Arief S. (2018). Media

Pendidikan Pengertian,

Pengembangan &

Pemanfaatanya. Jakarta: PT

Raja Grafindo.

Sanjaya, Citra Oki dkk. (2019).

Pengembangan Media Puzzle

Sebagai Media Pembelajaran

Biologi pada Materi Eubacteria

di SMA/MA. Jurnal Bioilmi, 1

(1): 95-99

Siti Aida, dkk. (2018).

“Meningkatkan Keterampilan

Membaca Awal Melalui

Metode Struktural Analitik

Sintetik dengan Media Audio

Visual”. Jurnal Ilmiah

Potensia. Vol. 3 (1).

Sobiri, Ali dkk. (2022).

Pengembangan Media Puzzle

Untuk Menulis Karangan

Narasi pada Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Prakarsa

Paedagogi, 5 (2) 442-450

Sohibun & Ade, F.Y. (2017).

Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Virtual

Class Berbantuan Google

Drive. Tadris: Jurnal Keguruan

Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121-

St. Y. Slamet. (2017). Dasar-Dasar

Pembelajaran Bahasa dan

Sastra Indonesia di Sekolah

Dasar. Surakarta: UNS Press,

Edisi II. Cet.3

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D). Bandung: Alfabeta CV

Sukamdinata, Nana Syaodi. (2017).

Metode Penelitian Pendidikan,

Cet. 12. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Offset.

Sukmawati, Fatmawati. (2021).

Media Pembelajaran. Grup

Penerapan Media Puzzle Suku Kata…

Penerbit: CV Tahta Media

Group

Suryana, dadan. (2018). Pendidikan

Anak Usia Dini Stimulasi Dan

Aspek Perkembangan Anak.

Jakarta : Prenada Media Group

Suryani, Nunuk. (2018). Media

Pembelajaran Inovatif.

Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Susanto, A. (2018). Teori Belajar

dan Pembelajaran di Sekolah

Dasar. Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group

Sy'aban, Jamil. (2016). Perminan

Cerdas & Kreatif. Jakarta:

Penebar plus

Tafonao,T. (2018). Peran Media

Pembelajaran Dalam

Meningkatkan Minat Belajar

Mahasiswa. Jurnal Komunikasi

Pendidikan. Vol 2 No.4

Tawaduddin, Nawafilaty. (2017).

Penanaman Nilai-Nilai Agama

Melalui Media Berbasis Puzzle

Pada Anak Usia Dini AlHikmah. Journal Of Early

Chidhood Islamic Education.

Vol 1 No. 1

Titania R.B, Bahtiar R.S & Jarmani

(2021). Peningkatan

Kemampuan Membaca dan

Menyimak dengan

Menggunakan Metode Speed

Reading Pada Pembelajaran

Bahasa Indonesia. Trapsila:

Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2)

Tirmidziani, Astri EIIVa Rahmati.

(2019). APE InoIIVatif Untuk

Anak Usia Dini. Jawa Barat

:Edu Publisher

Trianto. (2018). Desain

Pengembangan Pembelajaran

Tematik Bagi Anak Usia Dini

TK/RA & Anak Usia Kelas

Awal SD/MI. Jakarta:

KENCANA

Utama, Adi Putra. (2020). Validasi

Pengembangan Media Puzzle

Kelas V di MI Islamiyah

Dengan Tema Perubahan

Lingkungan Mempengaruhi

Air Tanah. Jurnal Pendidikan 5

(2): 2580-3913

Utami, N.PM.A., Ganing, N &

Kristiantari M.G.R. (2020).

Model Make a Match

Berbantuan Media Puzzle Suku

Kata Berpengaruh Terhadap

Keterampilan Menulis. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Profesi

Guru. Vol. 3 No. 1

Yani, Muhammad. (2018). Media

dan Teknologi Pembelajaran.

Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i1.3647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020