Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika

Nisa Hanifa, Nurlina Siregar, Puan Yasmin Azzahra, Riska Murni

Abstract


Salah satu mata pelajaran yang banyak mengalami kendala bagi siswa adalah mata pelajaran matematika. Adapun kebanyakan siswa berpikir bahwa pelajaran yang berhubungan dengan perhitungan merupakan pelajaran yang sulit  untuk dipahami. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menganalisa faktor kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika dan upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar Matematika. Penulisan artikel ini menggunakan jenis data kualitatif. Hasil dari penelitian kita dapat mengatahui faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika yaitu Faktor internal seperti siswa menganggap pelajaran matematika sulit, kurangnya konsentrasi siswa, kurangnya motivasi belajar siswa, kurangnya minat siswa dan kesehatan tubuh siswa. Faktor eksternal yaitu, variasi guru dalam mengajar, penggunaan media pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana di sekolah, lingkungan keluarga. Kemudian kita juga dapat mengetahui upaya yang harus dilakukan agar untuk megatasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika yaitu degan cara diagnosis kesulitan belajar peserta didik dilakukan sedini mungkin, berpikir inuitif peserta didik dikembangkan, konsep dari matematika yang meliputi beberapa rumus dan berbagai macam teori diajarkan kembali kepada peserta didik diluar jam pembelajaran sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian kita dapat menarik kesimpulan bahwa sebagian besar peserta didik beranggapan bahwa materi pada konsep matematika merupakan salah satu materi yang sulit untuk dipahami. Adapun sebagian besar siswa memaparkan bahwa mata pelajaran yang memiliki keterkaitan dengan perhitungan merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020