Penerapan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD
Abstract
Abstrak
Hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal pada mata pelajaran PPKn menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVB SDN Jajar Tunggal III Surabaya dalam materi gotong royong dengan model pembelajaran Project Based Learning yaitu membuat proyek berupa peta konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Desain penelitian tindakan kelas ini di angkat berdasarkan model Kemmis & Mc. Taggart yang dikenal dengan sistem spiral yaitu dimulai dengan rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil temuan yang di dapatkan dalam penelitian ini yaitu pada kegiatan prasiklus menunjukkan nilai rata-rata dari 28 peserta didik yaitu 79,1 dengan kategori tuntas sebanyak 18 peserta didik, dan tidak tuntas sebanyak 10 peserta didik serta persentase ketuntasan sebesar 64%. Pada siklus 1, nilai rata-rata peserta didik naik menjadi 82,5, dengan kategori tuntas sebanyak 25 peserta didik, dan tidak tuntas sebanyak 3 peserta didik. Persentase ketuntasan mengalami peningkatan menjadi 89%. Pada siklus II, nilai rata-rata peserta didik naik menjadi 88,2 kategori semua peserta didik tuntas dengan ditunjukkan persentase ketuntasan mengalami peningkatan yang sangat baik hingga mencapai 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cyndiani1, S., Asmah, S. N., & Nurcahyo, M. A. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dalam Meningkatkan Minat Dan. Journal of Professional Elemetary Education, 1(1), 56–64.
Ferry, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Mata Kuliah Evolusi. Journal on Education, 5(1), 39–46. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.555
Laili, N. I., & Murni, A. W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 23. https://doi.org/10.30742/tpd.v3i1.1436
Mahliatussikah, H., Silvia, E. E., Putri, A. Y., & Pratiwi, A. E. (2022). Penerapan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dalam pembelajaran di SDN Kedungpeluk 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 99. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.99-114
Ningari, W. F. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Pembelajaran Contexstual And Learning. Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.56393/didactica.v2i1.1141
Novianti, S. K. E., Yulianti, E., & Mustika, V. S. (2020). Jurnal Pembelajaran Sains. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(1), 21–23.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5
Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810
Turisia, R. P. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Melalui Media Peta Konsep Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 64–73.
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v6i1.3784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
RECOMMENDED TOOLS:
Supported by:
Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License