Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Materi Komposisi dan Dekomposisi Bangun Datar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam pendidikan dasar. Namun, banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perbedaan kesiapan belajar, gaya belajar, dan minat peserta didik.Permasalahan terkait pembelajaran ini adalah nilai peserta didik masih banyak yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Dari nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan sekolah, yaitu 75 hanya 40% peserta didik yang mendapatkan nilai diatas 75. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran diferensiasi yang dapat membantu mengatasi kesulitan belajar matematika pada peserta didik, karena pembelajaran ini telah mengakomodasi kebutuhan belajar yang beragam pada peserta didik dengan menyediakan berbagai pilihan belajar yang sesuai dengan gaya belajar, minat, dan kemampuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi matematika komposisi dan dekomposisi bangun simetri data dan asimetris peserta didik kelas IV SDN Dukuh Kupang V Surabaya sebelum dan sesudah menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Dukuh Kupang V Surabaya yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi diperoleh skor rata-rata 52,0 % sedangkan setelah menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi skor rata-rata meningkat menjadi 88,3%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran diferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Dukuh Kupang V Surabaya pada mata pelajaran Matematika materi komposisi dan dekomposisi bangun data simetris dan asimetris.Kata Kunci: Matematika, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar
Keywords
References
Akbar, Sa’dun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Malang: Cipta Media Aksara.
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A. (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(2).
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.
Dewi, F. A., & Nisa, A. F. (2023, December). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Diferensiasi Pembelajaran Kelas VI SD Negeri Kalisana.
In Prosiding Dewa Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas pendekatan culturally responsive teaching (crt) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 1121-1127. ntara Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 01).
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177-11182.
Febriyanti, N., & Nurjaman, A. R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Sekolah Dasar. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 322-328.
Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6-11.
Latifah, A., & Saputra, S. Y. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5811-5818.
Mubarak, H. A. Zaki. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Tasikmalaya: Zifatama Jawara.
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022, November). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Sugiarni, R., Septian, A., Juandi, D., & Julaeha, S. (2021). Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis Pada Siswa. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 21-35.Rahman. (2022). Tripusat Pendidikan Perspektif Tasawuf. Jakarta: CV Kaffah Learnig.
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v6i1.3806
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
RECOMMENDED TOOLS:
Supported by:
Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License