Pembelajaran dengan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kemampuan Menemukan Pokok Pikiran
Abstract
This study aims to improve students' abilities in finding points of thought. These efforts are carried out by applying the CIRC learning model. This research is a classroom action research conducted in class V-C SDN 004 / V Kuala Tungkal. The study was conducted in 2 cycles. There were 33 students who were the subjects in this study. The results showed a positive impact from the application of the CIRC model. This is indicated from the increase in the average student test score of 61.90 in the first cycle to 78.79 in the second cycle. In addition, the number of students who exceeded the minimum grade also increased, namely 51,52% (17 students) in the first cycle to 78,79 (26 students) in the second cycle. Keywords: CIRC, find the main idea.
Full Text:
PDFReferences
Agustinawati, N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMAN 7 Cirebon. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(2), 1–7. Arikunto, S. (2006). Prosedur suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Budiawan, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu fisiologi olahraga. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(1). Chrisnawati, H. E. (2007). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions) terhadap kemampuan problem solving siswa smk (teknik) swasta di Surakarta ditinjau dari motivasi belajar siswa. Delviani, D., Djuanda, D., & Hanifah, N. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Berbantuan Media Puzzle Kalimat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Dalam Menentukan Pikiran Pokok. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 91–100. Dörnyei, Z. (1997). Psychological processes in cooperative language learning: Group dynamics and motivation. The Modern Language Journal, 81(4), 482–493. Elliot, J. (1991). Action research for educational change. McGraw-Hill Education (UK). Eviliyanto, & Gultom, T. M. (2017). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Paedagogia, 20(1), 11– 23. Farboy, S. (2013). Penerapan metode cooperative integrated reading and composition (circ) untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama sebuah teks pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Batu tahun ajaran 2008/2009. Jurnal Artikulasi, 7(1). Halimah, A. (2014). Metode cooperative integrated reading and composition (circ) dalam pembelajaran membaca dan menulis di sd/mi. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 27–35. Hasan, H. (2015). Kendala yang Dihadapi Guru dalam Proses Belajar Mengajar Matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 1(4). Husna, H., & Pinem, K. (2011). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Pengajaran Multimedia dengan Pengajaran Konvensional Pada Materi Iklim Global di Kelas X SMA N 1 Seruway Kabupaten Aceh Tamiang TP 2009/2010. JURNAL GEOGRAFI, 3(2), 83–93. Kariesma, I. K. W., Zulaikha, S., Ganing, N. N., & Hum, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Bermedia Powerpoint terhadap Keterampilan Membaca Pada Bahasa Indonesia Kelas IV SD Gugus I Kuta Badung. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I Sdn 79 Pekanbaru. Primary, 5(2), 149– 157. Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2010). Mengenal penelitian tindakan kelas edisi kedua. Yogyakarta: PT. Indeks. Maisaroh, S. (2011). Upaya Peningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Dinamika Pendidikan, 6(2), 150– 169. Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan sosial budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331–340. Nichols, J. D., & Miller, R. B. (1994). Cooperative learning and student motivation. Contemporary Educational Psychology, 19(2), 167–178. Nuraisah, E., Irawati, R., & Hanifah, N. (2016). Perbedaan Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Konvensional dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 291–300. Pratita, I. I. (2017). Pengembangan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman (Dokkai) Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Negeri Surabaya. ASA, 4(1). Pratiwi, C. W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 20011/2012. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Purba, N. A. (2018). Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Berbagai Jenis Wacana Dalam Naskah Soal Uas Oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). Purnawasari, W. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Utama Dalam Paragraf Pada Siswa Kelas Iv Sdn Blimbing Dan Kalirong 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Simki- Pedagogia, 1(02). Putrawan, I. G. A. R., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap Literasi Siswa Kelas III SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). Rahmawati, R. (2017). Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). Ramadhanti, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 27–42. Rapita, R. (2018). Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Model Pembelajaran One To One Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bastem. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(2). Samniah, N. (2015). Kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas VII Mts Swasta Labibia. Jurnal Humanika, 3(16). Saparwadi, L. (2016). Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 39–46. Sastika, A. R., & Vh, E. S. (2013). Implementasi metode pembelajaran circ (cooperative integrated reading and composition) yang dilengkapi media macromedia flash pada materi pokok sistem koloid kelas xi ipa semester genap sma negeri 3 sragen tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 42– 48. Sofiyah, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas II SDN 2 Wosu Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 3(2). Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sukaryantini, M. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Nilai-Nilai Edukatif Dalam Cerpen Melalui Model Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Siswa Kelas Xi Ips1 Di Sma Saraswati Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(6). Supangat, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 124–142. Taqwa, M. R. A. (2018). Kekeliruan Memahami Konsep Gaya, Apakah Pasti Miskonsepsi? Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Integrasinya, 1(02), 1–12. Taqwa, M. R. A., Astalini, & Darmaji. (2015). Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI IPA SMA Se-Kota Jambi. 220– 227. Purworejo: Universitas Purworejo. Taqwa, M. R. A., & Faizah, R. (2016). Perlunya program resitasi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep gaya dan gerak. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 365–372. Malang: Universitas Negeri Malang. Taqwa, M. R. A., Faizah, R., & Rivaldo, L. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis POE Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Topik Fluida Statis. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(01), 6–13. Taqwa, M. R. A., & Hidayat, A. (2017). Deskripsi Penggunaan Program Resitasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membangun Free- Body Diagrams (FBDs). Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 5(1), 52–58. Triandy, R. (2017). Pembelajaran Mengidentifikasi Ide Pokok Dalam Artikel Dengan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas X Sma Pasundan 2 Bandung. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 7(2), 143– 152. Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203–211. Yeni, L. F., & Kalsum, U. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Sma Negeri 4 Pontianak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 8(2). Yudasmini, N. M., Marhaeni, A. A. I. N., & Jampel, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Circ terhadap Minat Baca dan Kemampuan Memahami Bacaan pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Gugus Buruan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan Indonesia, 5(1). Yuliana, D., Walanda, D. K., & Ratman, R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Koopeartif Tipe Cooperative, Integrated, Reading and Composition (CIRC) Pada Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur Kelas X SMAN 1 Pasangkayu. Jurnal Akademika Kimia, 3(1), 50–56. Yulismayanti. (2017). Keefektifan Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Universitas Negeri Makassar.
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.813
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
RECOMMENDED TOOLS:
Supported by:
Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License