STRATEGI CITY BRANDING KOTA MALANG MELALUI KAMPUNG WARNA-WARNI JODIPAN OLEH POKDARWIS UNTUK MENARIK MINAT WISATAWAN MANCANEGARA

Najmatus Tsaniyah, Nur Luthfi Hidayatullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi city branding yang diterapkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam mengembangkan Kampung Warna-Warni Jodipan (KWJ) sebagai ikon pariwisata Kota Malang untuk menarik minat wisatawan mancanegara. Kajian ini menjadi penting karena masih terbatasnya penelitian yang mengeksplorasi peran komunitas lokal, khususnya Pokdarwis, dalam strategi city branding berbasis komunitas. Dengan mengacu pada model city branding Kavaratzis yang meliputi landscape and infrastructure, people and culture, events and experiences, serta promotion and communication, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi city branding KWJ berhasil menciptakan identitas visual yang kuat melalui estetika kampung, partisipasi aktif masyarakat, pengalaman wisata otentik, serta promosi berbasis media sosial dan ulasan digital. Namun, ditemukan pula sejumlah tantangan seperti kurangnya pengelolaan promosi digital yang profesional, keterbatasan infrastruktur, dan kendala bahasa dalam melayani wisatawan mancanegara. Temuan ini memaknai bahwa city branding berbasis komunitas mampu meningkatkan daya saing destinasi wisata secara global jika didukung oleh sinergi antar aktor dan strategi komunikasi yang efektif. KWJ menjadi contoh praktik city branding yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga merepresentasikan kekuatan partisipasi lokal dan narasi budaya sebagai aset pariwisata yang otentik dan berkelanjutan.

Keywords

City Branding; Kota Malang; Kampung Warna-warni Jodipan; Pokdarwis; Wisatawan mancanegara

Full Text:

PDF

References

Kavaratzis, M. (2004). From city marketing to city branding: Towards a theoretical framework for developing city brands. Place Brand Public Dipl 1, 58–73. DOI: https://doi.org/10.1057/palgrave.pb.5990005

Mihalis Kavaratzis & Ares Kalandides. 2015. "Rethinking the place brand: the interactive formation of place brands and the role of participatory place branding," Environment and Planning A. vol. 47(6), pages 1368-1382. DOI: 10.1177/0308518X15594918. https://ideas.repec.org/a/sae/envira/v47y2015i6p1368-1382.html

Fena Pebriana, dkk. 2021. STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH. Janitra (Jurnal Administrasi Pemerintahan) Volume 1, Nomor 1, April 2021. DOI: https://jurnal.unpad.ac.id/janitra/article/viewFile/33023/15223

Rohana S, K. (2017). Kemitraan PT Indana Paint, mahasiswa UMM dan masyarakat dalam mengembangkan Kampung Wisata Jodipan Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). DOI: https://repository.um.ac.id/52189/

Sipatan, M. A.S., Thalib, T., Arsana, I. K. S., (2023). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Pengelolaan Objek Wisata Pasir Panjang di Desa Abason Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary Volume 1 Issue 4 October 2023; 351-356 https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple

Zahrah, F. (2023). City branding Dimensions, Strategies, and Obstacles: A Literature Review. Jurnal Bina Praja, 15(1), 101–109. file:///C:/Users/najma/Downloads/08%231589.pdf

Kavaratziz, M. 2008. From city marketing to city branding. University of Groningen. DOI: https://pure.rug.nl/ws/portalfiles/portal/33151144/volledigedissertatie.pdf

Praastiwi F.A., Siahaninenia R.R., & Utomo A.W.(2021) PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM PENGELOLAAN KAWASAN WISATA KALIWEDOK. Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi, Universitas Kristen Satya. DOI: https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/30380/17/T1_352017005_Isi.pdf

S. F. Khoiroh, and P. Astuti. 2019. "ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN CITY BRANDING di KABUPATEN PEMALANG JAWA TENGAH MELALUI PENGEMBANGAN PARIWISATA," Journal of Politic and Government Studies, vol. 8, no. 04, pp. 291-300. DOI: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/25058

Bidang Komunikasi dan Informasi Publik. 29/07/2024. Kemeriahan Warna Warni Nyadran Kali Brantas. https://malangkota.go.id/2024/07/29/kemeriahan-warna-warni-nyadran-kali-brantas/. Diakses pada 23 Maret 2025

Modarres, A. 2014, February 04. Leadership and the Challenge of Making a City Visible. Newgeography. https://www.newgeography.com/content/004244-leadership-and-challenge-making-a-city-visible

Refbacks

  • There are currently no refbacks.