ANALISIS LAPORAN KAJIAN TIPIKASI MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN DI KAWASAN PEDESAAN KABUPATEN BEKASI

Erna Haryanti

Abstract


Penelitian ini Analisis Laporan Kajian Tipikasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan di Kawasan Pedesaan di Kabupaten Bekasi, bertujuan untuk mengetahui teranalisisnya potensi dan permasalahan pada setiap tipikasi masyarakat pedesaan dan teranalisisnya model/pola, bentuk dan pengembangan pemberdayaan masyarakat untuk setiap tipikasi masyarakat pedesaan di Kabupaten Bekasi, dan mengetahui perumusan konsep pemberdayaan masyarakat untuk setiap tipikasi masyarakat pedesaan Kabupaten Bekasi.

Metode kajian yang menggunakan metode deskriptif yaitu menggunakan dua jenis data, pertama adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan para nara sumber terpilih (purposive sampling) yang berasal dari pemerintah dan tokoh masyarakat terkait informasi tentang kegiatan dan perilaku masyarakat di wilayahnya. Kedua adalah data sekunder berupa data kualitatif maupun kuantitatif terkait materi kajian yang diperoleh melalui studi pustaka terhadap dokumen-dokumen resmi yang telah maupun belum di publikasikan.

Hasil Penelitian ini yaitu agar Kabupaten Bekasi melakukan inovasi program pemberdayaan masyarakat dengan arah kebijakan dan strategi program. Mengembangkan peran CSR (Corporate Social Responsibility) yang selama ini lebih banyak memiliki program-program charity, dengan lebih mengedepankan pengembangan maupun dukungan terhadap program pemberdayaan masyarakat. Melakukan kajian lanjutan mengenai tipologi masyarakat dengan faktor atau unsur- unsur lain yang belum tercantum dalam kajian ini, misalnya terhadap wilayah perkotaan dan industri.

Kata kunci : Tipikasi, Pedesaan, Inovasi, Pemberdayaan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v20i2.1219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by : PRODI AGRIBISNIS

Indexing by :