RENCANA AKSI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KABUPATEN BONDOWOSO

Diah Tri Hermawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dengan Judul Rencana Aksi Pengembangan Agroindustri Kabupaten Bondowoso dengan tujuan memberikan arahan pengembangan agroindustri secara menyeluruh terhadap pembangunan ekonomi di Kabupaten Bondowoso.

Metode yang digunakan adalah metode Analisis Deskriptif. Analisis Tipologi Klassen dan Location Quotient (LQ), Analisis Matriks IFE dan EFE Selanjutnya,  dilakukan  analisis  Matrik  SWOT  untuk  mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang melekat dalam upaya pengembangan agroindustry, Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan Analisis manajemen strategis.

Hasil Penelitian Rencana Aksi Pengembangan Agroindustri diantaranya yaitu: Klaster Kopi Rakyat dan Padi Organik telah terbentuk di Kabupaten Bondowoso. Teknologi tepat guna yang dibutuhkan bagi pengembangan agroindustri di Kabupaten Bondowoso adalah teknologi yang sesuai dengan skala UKM (agroindustri rakyat) yang dapat dikembangkan lebih besar di masa depan dan dapat bekerjasama dengan perusahaan besar atau eksportir. Belum terdapat lembaga pemasaran khusus produk agroindustri baik dari inisiatif pemerintah maupun swasta. Akses permodalan bagi UKM masih lemah dan masih membutuhkan fasilitasi dan dukungan regulasi dari pemerintah daerah maupun provinsi. Klaster agroindustri bambu merupakan prioritas untuk disiapkan pada tahun 2016 dan dimantapkan dalam periode 2016-2020. Koordinasi dan sinkronisasi program agroindustri antar SKPD masih perlu ditingkatkan dengan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) khusus agroindustri, sehingga dapat memberikan arah kebijakan dan program yang lebih jelas bagi semua pemangku kepentingan.

Kata kunci : Agroindustri, Produk Unggulan, UKM.


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v15i1.357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by : PRODI AGRIBISNIS

Indexing by :