Evaluasi Program Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Pacitan Tahun 2015

Erna Haryanti Koestedjo

Abstract


ABSTRAK

Judul penelitian ini adalah Evaluasi Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Pacitan Tahun 2015. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menyusun evaluasi program penanggulangan kemiskinan tahun 2015. Mendeskripsikan efektifitas dan hasil program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pacitan.

Metode analisis kegiatan Evaluasi Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Pacitan dilakukan di wilayah administrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan dengan menggunakan subyek data yang paling dapat dipercaya (valid) dan terbarukan (update) yang dimiliki Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan.

Hasil Penelitian ini berupa Program Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Pacitan secara keseluruhan telah mencapai keberhasilan dengan indikator menurunnya angka kemiskinan hingga tercapai sebesar 15,74 persen pada tahun 2014. Keberhasilan Grindulu Mapan ditunjukkan dengan menurunnya jumlah RTSM pada tahun 2011 sebesar 6.936 RT menjadi 2.092 RT.  Terjadi penurunan jumlah RTSM sebanyak 69,84 %. Pelaksanaan program Grindulu Mapan sebagai inisiatif dan inovasi pemerintah daerah dinilai semakin baik dengan diperluasnya rumahtangga sasaran dari RTSM menjadi RTSM, RTM dan RTHM. Tujuan program Grindulu Mapan untuk meningkatkan ketahanan sosial ekonomi dan pemenuhan layanan dasar telah tercapai. Sedangkan tujuan keberdayaan RT miskin masih harus ditingkatkan lagi. Dari analisis Nilai Tambah Ekonomi bantuan, program paling efektif adalah dengan memberikan bantuan modal usaha produktif, dengan pengawasan dan pengendalian yang baik. Partisipasi dan kontribusi pihak swasta (perusahaan) dan LSM masih rendah dan perlu ditingkatkan dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Kata Kunci: Penganggulangan, Kemiskinan, Nilai Tambah, Ekonomi.


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v15i2.365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by : PRODI AGRIBISNIS

Indexing by :