Analisis Pelaksanaan Penanggulangan Kemiskinan Kota Kediri Tahun 2015

Diah Tri Hermawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dengan judul Analisis Pelaksanaan Penanggulangan Kemiskinan Kota Kediri Tahun 2015 bertujuan untuk menjelaskan kinerja TKPK Kota Kediri dalam menyelenggarakan tugas koordinasi penanggulangan kemiskinan dan pengendalian pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di daerah, menjelaskan pelaksanaan kebijakan (program, anggaran dan regulasi) penanggulangan kemiskinan di daerah dan menjelaskan pencapaian daerah dalam penanggulangan kemiskinan.

          Dalam pelaksanaan penelitian ini metode yang digunakan yaitu dilakukan pengumpulan data di wilayah administrasi Pemerintah Kota Kediri dengan menggunakan subyek data yang paling dapat dipercaya (valid) dan terbarukan (update) yang dimiliki daerah bersangkutan.

Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa sampai dengan tahun 2013, capaian prosentase penduduk miskin di Kota Kediri (sebesar 8,20%), masih jauh dari target pencapaian RPJMN maupun target MDG’s yang mencanangkan capaian minimal 8% pada tahun 2014. Capaian prosentase penduduk miskin Kota Kediri pada tahun 2013, masih di atas (lebih buruk) capaian di tingkat Propinsi Jawa Timur (12,73%) maupun rata-rata capaian secara Nasional (10,96%) pada tahun yang sama; Perkembangan capaian prosentase penduduk miskin di Kota Kediri selama 5 tahun terakhir (2009-2013) menunjukkan trend perkembangan yang menurun (semakin membaik) meskipun capaian pada tahun 2014 sedikit meningkat dibanding tahun 2013; Capaian indeks kedalaman kemiskinan dan indeks keparahan kemiskinan pada tahun 2013 masing-masing adalah 1,60% dan 0,47%. Capaian keduanya di bawah capaian di Provinsi Jawa Timur maupun Nasional. Perkembangan capaian keduanya selama 5 tahun terakhir (tahun 2009-2013) menunjukkan trend perkembangan yang semakin membaik.

Kata kunci : Kemiskinan, RPJMN, MDG’s.


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v15i2.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by : PRODI AGRIBISNIS

Indexing by :