Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender di Kabupaten Gresik

Koesriwulandari Koesriwulandari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dengan judul Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender di Kabupaten Gresik. Bertujuan untuk mewujudkan pembangunan yang menjamin kesetaraan bagi perempuan dan laki-laki dalam aspek akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pem-bangunan di Kabupaten Gresik.

Dalam pelaksanaan penelitian ini metode yang digunakan yaitu dilakukan pengumpulan data di wilayah administrasi Kabupaten Gresik dengan menggunakan subyek data yang paling dapat dipercaya (valid) dan terbarukan (update) yang dimiliki daerah bersangkutan.

Hasil Penelitian ini menyimpulkan Kabupaten Gresik dalam pencapaian seluruh indikator pada goals ini (terdapat 10 indikator) menunjukkan prestasi sebesar 63,33%. Dengan perincian status capaian: 4 indikator (40%) menunjukkan status capaian “telah mencapai target”; 3 indikator (30%) menunjukkan status “menuju arah pencapaian target”; dan 2 indikator (20%) dengan status capaian “masih jauh dari arah pencapaian target”; sedangkan 1 indikator belum diketahui status capaiannya karena sampai laporan ini disusun belum tersedia data untuk itu; Hal ini menjadi “pekerjaan rumah” untuk segera menyelenggarakan bimbingan teknis, mengingat Kabupaten Gresik telah mengesahkan perda tentang pengarus utamaan gender, terlebih lagi, berdasarkan penelurusan (dari hasil wawancara dan isian kuesioner) di Kabupaten Gresik terdapat beberapa pejabat (eselon III) yang telah mengikuti ToT (Training of Trainer) fasilitasi PPRG. Demikian kesimpulan penutup yang dapat disajikan pada penelitian tentang (kesiapan) penyusunan dokumen perencanaan pembangunan yang resposif gender di Kabupaten Gresik. Sangat disadari akan kekurangan hasil kajian kali ini, dari 25 SKPD yang menjadi target (sampel) penye-baran kuesioner tentang pemahaman aparatur pemerintah, hanya 11 SKPD dengan total responden sebanyak 82 orang (pejabat eselon III dan IV). Dan dari 20 SKPD yang menjadi sampel penyebaran kuesioner tantang kajian kebijakan, program dan kegiatan dalam pelaksanaan PUG dan PPRG, hanya 6 SKPD yang mengembalikan dan mengisi kuesioner dimaksud.

Kata kunci : Responsif Gender, Kesetaraan, Pengarusutamaan Gender.


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v15i2.367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by : PRODI AGRIBISNIS

Indexing by :