Strategi Optimalisasi Pasar Desa Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Desa di Kabupaten Pasuruan

Sri Rahayu Margaretna Jajuk Hanafie

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dengan judul Strategi Optimalisasi Pasar Desa Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Desa di Kabupaten Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengidentifikasi dan mendiskripsikan pasar desa yang ada di Kabupaten Pasuruan. Mengidentifikasi permasalahan yang terkait dengan belum optimalnya pengembangan pasar desa. Mengidentifikasi faktor-faktor kelemahan, kekuatan, hambatan dan peluang pasar desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi desa. Serta menyusun dan merumuskan Strategi Optimalisasi Pasar Desa Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Desa secara spesifik dalam bentuk program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh SKPD terkait.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisa Deskriptif, yaitu analisa terhadap data yang bersifat kualitatif dari hasil diskusi kelompok terfokus. Analisa Kualitatif, yaitu analisa terhadap data yang berupa pernyataan atau data yang tidak berupa angka. Analisa Kuantitatif, yaitu analisa terhadap data yang berupa angka-angka dan laporan yang berupa data kuantitatif dengan bantuan analisa statistik, untuk menghitung kecenderungan (trend), grafik dan diagram maupun prosentase (%).

Hasil Penelitian ini antara lain yaitu Diperlukan Optimalisasi pasar desa yang dapat dilakukan melalui strategi peningkatan pembangunan fisik pasar desa serta perbaikan sarana prasarana yang dibutuhkan, peningkatan kualitas SDM pengelola pasar desa, peningkatan manajemen pasar desa, dan pembinaan pedagang tetap dan PKL di pasar desa. Kelemahan paling mendasar yang harus diatasi sebagian besar pasar desa di Kabupaten Pasuruan adalah skala pasarnya masih kurang ekonomis, lemahnya manajemen pasar dan kurangnya sarana dan prasarana penunjang kegiatan pasar desa. Model pengembangan pasar desa di Kabupaten Pasuruan, belum mengacu pada model pasar sehat dan belum memanfaatkan kerjasama dengan pihak swasta dalam pembiayaan pembangunan pasar desa.

Kata kunci : Optimalisasi, Pertumbuhan Ekonomi Desa, Pasar Desa.


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa1612016371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Sosio Agribis



Didukung oleh: Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

 

Karya ini dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .