Analisis Kebijakan Program Penanggulangan Kemiskinan Wilayah Pesisir Kabupaten Sidoarjo

Diah Tri Hermawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dengan judul Analisis Kebijakan Program Penanggulangan Kemiskinan Wilayah Pesisir Kabupaten Sidoarjo Tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun dokumen laporan Analisis Kebijakan Program Penanggulangan Kemiskinan Wilayah Pesisir Kabupaten Sidoarjo Tahun 2016. Mendeskripsikan kebijakan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di wilayah pesisir Kabupaten Sidoarjo selama 5 tahun terakhir (2011-2015), permasalahan dan dampaknya dalam mendukung program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisa Deskriptif, yaitu analisa terhadap data yang bersifat kualitatif dari hasil diskusi kelompok terfokus. Analisa Kualitatif, yaitu analisa terhadap data yang berupa pernyataan atau data yang tidak berupa angka. Analisa Kuantitatif, yaitu analisa terhadap data yang berupa angka-angka dan laporan yang berupa data kuantitatif dengan bantuan analisa statistik, untuk menghitung kecenderungan (trend), grafik dan diagram maupun prosentase (%).

Hasil Penelitian ini antara lain yaitu angka kemiskinan makro telah menurun sedikit dari 6,97 persen pada tahun 2011 menjadi 6,69 persen pada tahun 2013, atau sekitar 0,28 persen saja. Data mengenai jumlah nelayan masih terus diverifikasi sejak tahun 2014, dan telah tercatat 1.520 jiwa nelayan. Meskipun sedikit jumlahnya, kehidupan keluarga nelayan dan permasalahannya masih merupakan sumber kemiskinan yang sulit diatasi hingga saat ini. Strategi pemberdayaan masyarakat di wilayah pesisir harus didasarkan atas potensi yang dimiliki dan mengatasi secara spesifik permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat tersebut. Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan cara : a) membantu menurunkan biaya dan beban hidup keluarga miskin, b) meningkatkan produktivitas ekonomi keluarga, baik dari hasil tangkapan ikan maupun pengolahan dan pemasaran ikan, c) memperbaiki perilaku keluarga miskin agar tidak konsumtif dan mau menabung untuk masa depannya. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memerlukan peraturan pemerintah untuk menjabarkan dan melaksanakan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Perlindungan Dan Pemberdayaan Petani/ Pembudidaya Nelayan Di Kabupaten Sidoarjo. Sehingga melalui peraturan atau keputusan Bupati dapat disusun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang berdampak langsung kepada peningkatan kehidupan masyarakat di wilayah pesisir.

Kata kunci : Penanggulangan, Kemiskinan, Pesisir, Produktivitas.

 


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v16i1.372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by : PRODI AGRIBISNIS

Indexing by :