Survey Kepuasan Masyarakat Rumah Sakit Umum Haji Surabaya

Koesriwulandari Koesriwulandari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dengan judul Survei Kepuasan Masyarakat RSU Haji Surabaya Tahun Anggaran 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah Menghitung Nilai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) atas pelayanan di RSU Haji Surabaya: yakni SKM dengan standar Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2014. Mengidentifikasi dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong pelanggan cenderung puas atas pelayanan publik yang diseleng-garakan oleh RSU Haji Surabaya dan faktor-faktor yang mendorong pelanggan cenderung tidak puas atas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh RSU Haji Surabaya; mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis dan kualitas pelayanan yang diharapkan masyarakat, baik masyarakat yang selama ini menjadi pelanggan RSU Haji Surabaya maupun masyarakat yang belum menjadi pelanggan RSU Haji Surabaya.

Metode analisis yang digunakan dalam penyusunan indeks kepuasan masyarakat pada unit/instansi pelayanan publik yang menjadi lokasi kajian dilakukan dengan menghitung nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM).

Hasil Penelitian ini diantaranya semua unit/instalasi pelayanan pada RSU Haji Surabaya yang dilakukan pengukuran IKM untuk Semester II tahun 2016 mendapatkan hasil penilaian IKM dengan nilai mutu A yang berarti bahwa pada semua unit/instalasi pelayanan di RSU Haji Surabaya menunjukkan kinerja pelayanan yang sangat baik. Dari seluruh unit layanan/instalasi pada RSU Haji Surabaya yang dilakukan survey kepuasan masyarakat untuk Semester II tahun 2016, Instalasi ICU memperoleh capaian nilai konversi IKM tertinggi yaitu sebesar 86,00. Capaian nilai IKM RSU Haji Surabaya pada survey kepuasan masyarakat kali ini adalah sebesar 3,38 dengan capaian nilai rata-rata semua unsur pada RSU Haji Surabaya menunjukkan mutu kinerja sangat baik. Meski demikian terdapat 2 (dua) unsur yang masih menunjukkan hasil di bawah nilai IKM RSU Haji Surabaya yaitu unsur nomor 1 (persyaratan) dengan nilai rata-rata unsur 3,28, unsur nomor 2 (prosedur) dengan nilai rata-rata unsur 3,29, unsur nomor 3 (wak-tu pelayanan) dengan nilai rata-rata unsur 3,36. Pada survei kepuasan masyarakat kali ini, responden juga diminta mem-berikan pendapat-nya terkait hal-hal di luar sembilan ruang lingkup/unsur penilaian yaitu tentang: (i) pelayanan di pusat informasi, (ii) kenyamanan dan kebersihan di ruang tunggu, (iii) kenyamanan dan kebersihan toilet, (iv) kenyamanan dan keamanan tempat parkir, dan (v) petugas Satpol PP. Dari ke lima hal tersebut, kenyamanan tempat parkir paling banyak mendapat respon negatif dari para responden terkait dengan kurang luasnya lahan parkir dan pada jam-jam tertentu sering terjadi antrian untuk keluar gerbang rumah sakit.

Kata kunci : Penanggulangan Kemiskinan Pesisir, Produktivitas Ekonomi Keluarga, Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v16i2.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by : PRODI AGRIBISNIS

Indexing by :