Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kota Blitar Tahun 2016

Gyska Indah Harya

Abstract


ABSTRAK

Strategi penanggulangan kemiskinan daerah bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi umum dan karakteristik kemiskinan di Kota Blitar; (2) merumuskan strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Blitar dalam intervensi kebijakan penanggulangan kemiskinan periode 2016-2020.

Metode yang digunakan dalam kajian ini kususnya penetapan lokasi adalah metode sengaja (purposive). Metode pengumpulan data  dengan metode pencatatan. Metode analisis data dengan analisis deskriptif.

Hasil Kajian, perkembangan antar waktu, dan relevansi terhadap 10 (sepuluh) indikator utama bidang pendidikan, ditemukan ada 1 indikator yang masih bermasalah pada posisi relatif Kota Blitar terhadap capaian di tingkat Provinsi yaitu indikator APM SD/MI. Untuk itu indikator APM SD/MI ini menjadi prioritas pada bidang pendidikan di Kota Blitar. Perkembangan antar waktu, dan relevansi terhadap 4 (empat) indikator utama bidang kesehatan tidak bermasalah. Perkembangan antar waktu, dan relevansi terhadap 3 (tiga) indikator utama bidang ketenagakerjaan, terdapat indikator pekerja yang bekerja pada sektor non formal yang belum tersedia data untuk di analisa. Untuk 2 indikator lainnya telah menunjukkan kondisi yang baik sehingga tidak menjadi prioritas pada bidang ketenagakerjaan di Kota Blitar. Perkembangan antar waktu, dan relevansi terhadap 3 (tiga) indikator utama bidang infrastruktur dasar di Kota Blitar, tidak ada  indikator yang bermasalah pada posisi perkembangan antar waktu dan relevansi dengan perkembangan di tingkat Provinsi maupun Nasional. Perkembangan antar waktu, dan relevansi terhadap 2 (dua) indikator utama bidang ketahanan pangan di Kota Blitar, kedua indikator bermasalah pada posisi perkembangan antar waktunya. Untuk itu indikator perkembangan harga beras dan perkembangan harga bahan pokok lainnya menjadi prioritas bidang ketahanan pangan di Kota Blitar.

 

Kata Kunci : Kemiskinan, Strategi, Penanggulangan.


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v17i1.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by : PRODI AGRIBISNIS

Indexing by :