STRATEGI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAERAH KABUPATEN GRESIK TAHUN 2017

Erna Haryanti Koestedjo

Abstract


Abstrak

Judul penelitian strategi penanggulangan kemiskinan daerah. Tujuan penenlitian (1) mengetahui kondisi dan karakteristik kemiskinan di Kabupaten Gresik; (2) mengetahui determinan-determinan kemiskinan di Kabupaten Gresik; dan (3) merumuskan strategi yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik dalam intervensi kebijakan penanggulangan kemiskinan.

Metode penelitian mengacu pada (1) Panduan Penanggulangan Kemiskinan Buku Pegangan Resmi TKPK Daerah, yang diterbitkan oleh TNP2K tahun 2011; (2) Pedoman Penyusunan SPKD, yang diterbitkan Tim Sekretariat Pembina TKPK Provinsi dan Kota/Kabupaten Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Dalam Negeri tahun 2011; (3) Petunjuk Teknis Penyusunan SPKD - Buku Pegangan Resmi TKPK Daerah, yang diterbitkan oleh TNP2K tahun 2014.

Hasil penelitian, jumlah penduduk miskin  di Kabupaten Gresik tahun 2016 adalah sebesar 167.120 jiwa (13,19%) dari jumlah penduduk di Kabupaten Gresik pada tahun yang sama. Kondisi persentase ke-miskinan ini lebih tinggi bila dibanding dengan angka kemiskinan di Provinsi Jawa Timur  (11,85%) maupun capaian secara Nasional (10,70%). Determinan kemiskinan kabupaten Gresik tidak meratanya akses terhadap pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, tidak terpenuhinya akses terhadap infrastruktur dasar dan akses terhadap aset produktif, ketahanan pangan dan rendahnya tingkat investasi swasta dan kewirausahaan.

Strategi penanggulangan kemiskinan kabupaten Gresik (1) mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin; (2) meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin; (3) mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil; (4) mengembangkan inovasi program pemberdayaan masyarakat dalam rangka penanggulangan kemiskinan; (5) penguatan kelembagaan penanggulangan kemiskinan dalam rangka mewujudkan sinergi kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan.


Full Text:

PDF FILE


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v18i1.445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by : PRODI AGRIBISNIS

Indexing by :