PENANGANAN MASALAH SOSIAL KHUSUSNYA PERMASALAHAN ANAK DAN PEREMPUAN KABUPATEN PROBOLINGGO, 2017

Koesriwulandari Koesriwulandari

Abstract


Abstrak

Judul Kajian Penanganan Masalahan-Masalah Sosial khususnya Anak dan Perempuan. Tujuan Kajian (1) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam upaya penangan masalah sosial; (2) untuk mengetahui upaya apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam menangani permasalahan-permasalahan sosial;

Metode kajian, lokasi survey di empat kecamatan di kabupaten Probolinggo ditentukan oleh pemerintah daerah dengan petimbangan kecamatan tersebut potensi permasalahan sosial. Masing-masing kecamatan 50 responden dengan metode acak. Pengambilan data dengan metode wawancara dan analisis dengan metode diskriptif.

Hasil kajian (1) Kendala umum yang dihadapi dalam upaya penanganan masalah social perempuan adalah (a) pola pikir bahwa permasalahan yang dihadapi adalah urusan domestik rumah Tangga. (b) budaya patriakhi yang menempatkan laki laki lebih superior disbanding perempuan (c) permasalahan dalam rumah tangga adalah sebuah aib jika sampai orang lain tahu. (2) Kendala yang dihadapi dalam upaya penanganan permasalahan anak adalah (a) pola pikir orang tua yang kurang memahami hak-hak anak, (b) kondisi kemiskinan yang dialami orang tua menyebabkan peran orang tua dalam tumbuh kembang anak tidak bisa  maksimal (c) pengaruh lingkungan terhadap tumbuh kembang anak sangat besar (d) peran pemerintah dan tokoh agama dan adat kurang maksimal; (3) upaya yang sudah dilakukan pemerintah daerah kabupaten Probolinggo adalah pengoptimalan kerja SKPD terkait, dengan para pemangku adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, masyarakat umum dan pihak swasta yang menciptakan sinergitas yang harmonis dalam upaya menangani permasalahan social.

Kata kunci, sosial, anak, perempuan.


Full Text:

PDF FILE

References


Astuti, Made Sadhi, 1997, Selayang pandang Anak Sebagai Korban dan Pelaku Tindak Pidana, Malang: Arena Hukum.

Gultom, Maidin, 2010, Perlindungan Hukum terhadap Anak dalam Sistem Peradilan Pidana Anak di Indonesia, Bandung : Refika Aditama

Huraerah, Abu. (2006). Kekerasan Terhadap Anak Jakarta :Penerbit Nuansa,Emmy

Kartasasmita. Ginanjar, 1997. Kemiskinan,Jakarta- Balai Pustaka

Koentjaraningrat. 1997.Metode-metode Penelitian Masyarakat.Gramedia. Jakarta

Rahmawati, Y. I. 2006 Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan https://sarulmardianto.wordpress.com/2012/04/24/ (diakses pada tanggal 24 April 2012)

Soetrisno, Loekman. 1997. Kemiskinan, Perempuan, dan Pemberdayaan. Yogyakarta: Kanisi

Suyanto, Bagong. 2013. Anatomi Kemiskinan dan Strategi Penanganannya. Malang: In-Trans Publishing Creswell, John W., 2012, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: PustakaPelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v18i1.447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by : PRODI AGRIBISNIS

Indexing by :