Penerapan Model Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Babatan IV Surabaya
Abstract
Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan yaitu sebagai berikut: (1) mendiskripsikan cara penerapan model pembelajaran tematik tema lingkungan dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas I di SDN Babatan IV Surabaya, (2) mendiskripsikan dampak peningkatan aktivitas siswa kelas I di SDN Babatan IV Surabaya, (3) mendiskripsikan dampak peningkatan tercapainya standar nilai ketuntasan belajar siswa kelas I di SDN Babatan IV Surabaya.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus dalam setiap siklusnya dilaksanakan dalam 2 hari. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Babatan IV Surabaya dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Evaluasi yang dilakukan menggunakan tes hasil dan proses.
Hasil penelitian model pembelajaran tematik tema lingkungan ini dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 1 SDN Babatan IV Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil formatif yang meningkat yaitu dari skor hasil rata-rata 43,3% pada siklus I ke 83,3% pada siklus II. Serta pada siklus II ini sudah mencapai nilai ketuntasan belajar diatas 75%, sehingga kegiatan siklus II di hentikan. Dampak dari penerapan metode pembelajaran tematik ini dapat meningkatkan tingkat aktivitas belajar siswa, standart nilai ketuntasan belajar siswa, dan cara menerapkan pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran tematik di kelas I.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Tematik, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Bahtiar, R. S. (2019). Persepsi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 174–184. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.1752
Bahtiar, R. S. (2020). Integrasi Pembelajaran Tematik dengan Media Tangram dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(2), 44–51.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung. Refika Aditama.
Mawarni. 2019. Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Bangun Ruang. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 1 Nomor 2 2019.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2001). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Naim, N. (2009). Menjadi Guru Inspiratif: Memberdayakan dan mengubah jalan hidup siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Popiyanto. 2019. Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 1 Nomor 1 2019.
Purwanto, N. (2002). Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahman, A N. (2008). Implementasi CTL dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Semarang: Walisongo Press.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2008). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penebit Remaja Rosdakarya.
Sutirjo dan Istuti. (2005). Tematik Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing.
Tanzeh, A. (2004). Model Peneltian Praktis. Tulungagung: P3m.
Trianto. (2007). Model- Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v2i02.1136
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
RECOMMENDED TOOLS:
Supported by:
Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License