Penerapan Model Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Babatan IV Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v2i02.1136Abstract
Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan yaitu sebagai berikut: (1) mendiskripsikan cara penerapan model pembelajaran tematik tema lingkungan dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas I di SDN Babatan IV Surabaya, (2) mendiskripsikan dampak peningkatan aktivitas siswa kelas I di SDN Babatan IV Surabaya, (3) mendiskripsikan dampak peningkatan tercapainya standar nilai ketuntasan belajar siswa kelas I di SDN Babatan IV Surabaya.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus dalam setiap siklusnya dilaksanakan dalam 2 hari. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Babatan IV Surabaya dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Evaluasi yang dilakukan menggunakan tes hasil dan proses.
Hasil penelitian model pembelajaran tematik tema lingkungan ini dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 1 SDN Babatan IV Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil formatif yang meningkat yaitu dari skor hasil rata-rata 43,3% pada siklus I ke 83,3% pada siklus II. Serta pada siklus II ini sudah mencapai nilai ketuntasan belajar diatas 75%, sehingga kegiatan siklus II di hentikan. Dampak dari penerapan metode pembelajaran tematik ini dapat meningkatkan tingkat aktivitas belajar siswa, standart nilai ketuntasan belajar siswa, dan cara menerapkan pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran tematik di kelas I.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Tematik, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar.
References
Bahtiar, R. S. (2019). Persepsi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 174–184. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.1752
Bahtiar, R. S. (2020). Integrasi Pembelajaran Tematik dengan Media Tangram dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(2), 44–51.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung. Refika Aditama.
Mawarni. 2019. Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Bangun Ruang. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 1 Nomor 2 2019.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2001). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Naim, N. (2009). Menjadi Guru Inspiratif: Memberdayakan dan mengubah jalan hidup siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Popiyanto. 2019. Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 1 Nomor 1 2019.
Purwanto, N. (2002). Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahman, A N. (2008). Implementasi CTL dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Semarang: Walisongo Press.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2008). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penebit Remaja Rosdakarya.
Sutirjo dan Istuti. (2005). Tematik Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing.
Tanzeh, A. (2004). Model Peneltian Praktis. Tulungagung: P3m.
Trianto. (2007). Model- Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.