Direct Instruction Sebagai Model Pembelajaran Inovatif Untuk Mendukung Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV

wahyu setyopramono sari

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui implementasi model direct Instruction untuk mendukung hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan desain dekripsi kualitif. Partisipasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri nglorog 1. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan midel interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Direct Instruction dapar mendukung hasil belajar IPA siswa. Ditemukan data awal menunjukkan bahwa ketuntasan nilai IPA kelas IV 17.4%. Nilai tuntas yang dicapai tersebut masih tergolong rendah. Dengan menggunakan Direct Instruction dapat mendukung hasil belajar siswa menjadi 95.6% penelitian ini menyimpulkan bahwa model direct instruction dapat mendukung hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Nglorog 1.

Kata Kunci : Direct Instruction, Hasil belajar, IPA


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i1.1492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020