PENERAPAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGALAMAN BELAJAR SISWA DI MI TARBIYATUSH SHIBYAN SURABAYA

Ika Rahmawati, Nur Fajriatul Isnaini

Abstract


Masa pandemi Covid-19 membuat siswa dan guru harus melaksanakan pembelajaran secara daring salah satunya dengan menggunakan media online. Dengan cara ini maka diharapkan ssiwa tetap mendapatkan pengalaman belaar yang diinginkan dan pembelajkaran berjalan dengan maksimal. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian yang ingin melihat bagaimana penerapan media online selama masa pandemi Covid-19 terhadap pengalaman belajar siswa. ingin melihat bagaimana respon siswa terkait dengan penggunaan media online sendiri, dan bagaimana pengalaman belajar yang didaptkan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis datanya nanti dengan cara reduksi data sehingga dapat diketahui secara keseluruhan terkait dengan hasil yang telah didapatkan.
Kata kunci: Media online, Masa Pandemi Covid-19, Pengalaman Belajar


Keywords


Media online, Masa Pandemi Covid-19, Pengalaman Belajar

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Sitti. 2015. Peran Media Online Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Manado, e-jurnal Acta Diurna Volume IV. No.4. Tahun 2015

Almaiah, M.A., Al-khasawneh, A., & Althunibat, A. 2020. Exploring the critical challenges and factors influencing the E-Learning system usage during Covid-19 pandemic. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10219-y

Choy, Ansyar, Mohammad. 2001. Pengembangan kurikulum dari Materi Pelajaran ke Pengalaman Belajar, (Jurnal Ilmu Pendidikan jilid 8 No. 1, 2001)

D. Surya Anggara. 2013.Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Think Pair Share dengan Media CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kalibanteng Kidul 02 Semarang. Skripsi. (Semarang: Universitas Negeri Semarang)

Daniel, S. J. 2020. Education and the Covid-19 Pandemic. Prospects, 123456789. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Huang. R., Tlili, A., Chang, T.W., Zhang, x., Nascimbeni, F., & Burgos, D. 2020. Disrupted Classes, undisrupted learning during Covid-19 outbreak in the China application of open educational practices and resources. Smart Learning Environments, 7(1), 1-15. https://doi.org/10.1186/s40561-020-00125-8

Nurdiansya Dan Fitriani Toyiba. 2015. Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nurhakim, Lukman. 2017. Pengalaman Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis komputer Model Drills and Practice di SMk, Artikel Penelitian, (Jurusan PMIPA, Universitas TanjungPura)

, Diah Yulianingsih, Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.2 No.2 Desember 2020

Suarga. Kerangka Dasar Dan Landasan Pengembangan Kurikulum 2013. UIN Alauddin Makassar Volume 1 Nomor 1, 2017. Hal 19

Sugiono2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Yunitasari , Ria. Umi Hanifah. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 3 Tahun 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v3i2.1514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020