ANALISIS PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA BANJIR DI SDN PETUKANGAN SELATAN 02 JAKARTA SELATAN

Lativa Qurrotaini, Desi Nurfatmawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya hasil pengetahuan mitigasi bencana banjir di SDN Petukangan selatan 02 Jakarta Selatan yang masih minim akan pengetahuan serta pemahaman tentang pencegahan bencana banjir. Sehingga penulis tergerak untuk meneliti suatu kondisi serta pemahaman dari pihak sekolah maupun dari siswa, guru, dan staff yang lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman mengenai pengetahuan mitigasi bencana banjir di SDN Petukangan Selatan 02 Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menggambarkan atau menganalisa suatu objek yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri Petukangan selatan 02 Jakarta Selatan dengan menggunakan pendekatan fenomenalogi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan pemahaman tentang mitigasi bencana banjir masih kurang baik dari pengetahuan mitigasi structural maupun non struktural. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan mitigasi bencana banjir di Sekolah Dasar Negeri Petukangan Selatan 02 Jakarta Selatan masih kurang akan pemahaman tentang pencegahan bencana banjir. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak yang terkait.

Kata Kunci: Mitigasi, Bencana Banjir.


Keywords


Kata Kunci: Mitigasi, Bencana Banjir.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Al Bahij Azmi. (2019). Perkembangan Bahan Ajar Melalui Media Ajar Permainan Maze untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Tentang Konsep-Konsep Bencana Alam dan Kaitannya dengan Kesiapsiagaan Bencana Siswa. Proposal Hibah Penelitian Tentang Muhammadiyah Batch III

Arista, Yovi. (2015). Analisis Potensi dan Manajemen Bencana di DKI Jakarta. Skripsi Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Diponegoro, Semarang (dipublikasikan).

Novitasari dan Husna Cut. (2015). Upaya Masyarakat Dalam Mengurangi Risiko Bencana Banjir Community Efforts To Reduce Flood Disaster Risk. Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (dipublikasikan).

Novianti, Ratri Dwi. (2013). Pemahaman Siswa Terhadap Mitigasi Bencana Banjir Bagi Siswa Sebelum dan Sesudah Melakukan Praktik Biopori di SMAN 1 Kartasura. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta (dipublikasikan).

Sundarsono, Agus dan Wibowo, Satriyo. (2017). Pemahaman Manajemen Bencana Siswa SMP Di Kabupaten Slemen. Jurnal JIPSINDO, Vol 4, No. 1 Maret.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA, cv.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v3i2.1581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020