PENGEMBANGAN MEDIA GEOMETRI BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KOORDINAT

Nanda Yulia Fitri

Abstract


Dengan perkembangan zaman, pemanfaatan media sudah banyak diciptakan berbasis software. Namun masih kurang kreativitasnya guru dalam mengembangkan media tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Geometri berbantuan Software Geogebra pada pembelajaran Koordinat, untuk membantu guru dalam proses belajar dan mengetahui keefektifan dari media Geometri berbantuan Software Geogebra pada pembelajaran Koordinat. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evalution). Akan tetapi penelitian dilakukan hanya sampai pada tahap Development (Pengembangan). Produk yang dikembangkan merupakan media geometri yang di nilai oleh para ahli untuk mengetahui layak tidak nya media digunakan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif deskriptif. Hasil dari penilaian ke-2 dosen yaitu dosen ahli media dan ahli materi tersebut menilai bahwa media “Setuju” dengan tanpa revisi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil media Geometri berbantuan Software Geogebra yang dikembangkan berupa penilaian dari para ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media setuju dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Media Geometri, Software Geogebra, Koordinat.


Full Text:

PDF

References


Frisnoiry. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP Negeri 7 Binjai. Medan:Program Pascasarjana UNIMED.

Hidayat & Khayroiyah Siti. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara 1 (1), 40-45, 2018. 2, 2018.

Hohenwarter, et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. [Online]. Tersedia: http://www.geogebra.org/publications/2008-ICME-TSG16-CalculusGeoGebra-Paper.pdf [5 Februari 2014].

Pranawestu, A., Kharis, M., & Mariani, S. (2012). Keefektifan Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D Berbasis Karakter Terhadap Kemampuan Spasial. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.15294/ujme.v1i2.1 094.

Mahmudi, A. 2010.Membelajarkan Geometri dengan Program geogebra. (online). Diperoleh dari http://eprints.uny.ac.id/10483/1/P6-Ali%20M.pdf.

Nari, N. (2017). Penggunaan Software Geogebra Untuk Perkuliahan Geometri. 2nd International Seminar on Education 2017 Empowering Local Wisdom on Education for Global Issue, 1(2), 307–314.

Rahmat Arofa Hari Cahyadi. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal. Surabaya.

Sukmawarti, Hidayat, Firmansyah, Abdul Mujib. 2017. Ibm Guru Cerdas Geogebra. Jurnal Amaliyah Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No. 2 Hal. 52-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i1.1817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020