DESAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PENYAJIAN MATERI GARIS DAN SUDUT DI SD NEGERI 101884 LIMAU MANIS
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media LKPD pada materi sudut dan garis kelas IV SD. Bentuk penelitian ini adalah r & d (research and depolopment), dan model pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan. 1. Analysis, 2. Perancangan (design), 3. Pengembangan (development), 4. Implementasi (implementation), 5. Evaluasi (evalution). Pengumpulan data melalui observasi, Desain produk menggunakan aplikasi Canva. Penilaian media LKPD divalidasi oleh ahli media dan materi yaitu dua dosen Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah Medan. Hasil dari penilaian dari tahap validasi dijadikan bahan dalam melakukan revisi LKPD. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan media LKPD dapat membantu dalam proses belajar mengajar siswa kelas IV SD, hal ini terbukti dari hasil validasi para ahli media yang mendapat tanggapan layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan LKPD, Pembelajaran Matematika.
Full Text:
PDFReferences
Aris Shoimin. 2016. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Gatot Muhsetyo. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugihartono, Fathiyah, K.N., Setiawati, F.A., dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wina Sanjaya, 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i1.1850
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
RECOMMENDED TOOLS:
Supported by:
Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License