Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Macromedia Flash 8 Pada Materi Jarak, Waktu dan Kecepatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan media pembelajaran berbantu Macromedia Flash 8 dengan mempertimbangkan penilaian dari enam orang ahli yang terdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli bahasa dan dua orang ahli desain serta guna mengetahui tanggapan dari guru dan siswa mengenai media pembelajaran yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang mengadopsi model pengembangan Addie yang disederhanakan menjadi empat tahapan yaitu analysis, design, development dan implementation. Instrument pengumpulan data berupa lembar wawancara, angket validasi untuk menguji kevalidan dan angket respon guru dan siswa untuk menguji kepraktisan. Hasil temuan dari penelitian ini, menghasilkan berupa produk media pembelajaran berbantu macromedia flash 8 pada materi jarak, waktu dan kecepatan yang dapat digunakan pada siswa sekolah dasar. Dengan nilai rata-rata validasi dari ahli bahasa (96,67%), ahli materi (92,00%), dan ahli desain (87,27%) yang masing-masing hasil penilaian tersebut dikategorikan sangat valid. Nilai rata-rata akhir secara keseluruhan dari enam validator yaitu sebesar 91,98% dengan kategori sangat valid sehingga dapat dilakukan uji coba lapangan. Penilaian uji coba skala terbatas dari respon guru memperoleh nilai sebesar 91,76% dengan kategori sangat praktis dan nilai rata-rata dari respon enam orang siswa mendapatkan nilai sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Media pembelajaran berbantu macromedia flash 8 pada materi jarak, waktu dan kecepatan sudah valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Akbar, S. (2019). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Batubara, H. H. (2021). Media pembelajaran digital. PT Remaja Rosdakarya.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Kustandi, C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
Artikel dalam Jurnal/Majalah
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Ain, S. Q., & Mustika, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika kepada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 2(3), 149–156. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.427
Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1417. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933 ISSN
Kistofer, T., Permadi, G. S., & Vitadiar, T. Z. (2019). Development of Digital System Learning Media Using Digital Learning System. Atlantis Press, 379, 177–182. https://doi.org/10.2991/assehr.k.191217.030
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.
Mendiknas. (2003). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819
Nafsiah, I. N., Rizal, F., & Giataman. (2019). Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Manajemen Proyek Di Pendidikan Teknik Bangunan Ft-Unp. Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 5(1), 26–31.
Pramudyastuti, A., Dewi, E. F. D., Fadhillah, Y. N., Pramesila, S., & Erwin, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi IPA Untuk Siswa Kelas IV SD. Trapsila:Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 2–10.
Reknosari. (2022). Penggunaan Internet sebagai Media Pembelajaran. Simposium Nasional Ilmiah (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(1), 37–48. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.390
Riyadhotul, S., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910.
Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28. https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269
Silviani, R. A., & Nugroho, A. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Petualangan Rere Berbasis Macromedia Flash Kelas III di Sekolah Dasar. Nusantara Hasana Journal, 2(7), 1–5.
Syabrina, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mcromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Tarbiyah Wa Ta’lim : Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(1), 25–36.
Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal, 1(1), 48–55.
Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899
Dokumen Resmi
Mendiknas. (2003). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i1.3146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
RECOMMENDED TOOLS:
Supported by:
Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License