Pelangcah: Efektivitas Media Digital Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Riti Humaya, Novi Olivia Bangun, Putri Bunga Deby Purba, Rahma Sari Dewi, Putri Asmarani Dewi

Abstract


Awal tahun 2020, pandemi Covid-19 menyebar ke Indonesia. Pandemi ini membawa perubahan di segala bidang, terutama di bidang pendidikan. Akibatnya, terdapat kekurangan guru dalam mempersiapkan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik juga menurun. Pembelajaran di era digital berarti pengajar kini harus lebih aktif membimbing dan mendampingi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran, serta mendorong peserta didik untuk menggunakan teknologi secara aktif dan bijaksana. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang meliputi wawancara terhadap guru kelas IV SD dan instrumen tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pelangcah dapat membantu peserta didik belajar lebih efektif dan mencapai hasil belajar yang lebih baik dalam pemahaman materi operasi hitung penjumlahan bilangan cacah. Media ini juga dapat meningkatkan motivasi dan kegembiraan peserta didik dalam belajar sekaligus membantu mereka dalam mengingat materi yang diajarkan.

Kata Kunci: media digital, canva, hasil belajar, matematika, sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Arifa, F. N. (2020). Tantangan

pelaksanaan kebijakan belajar dari

rumah dalam masa darurat covid19. Info Singkat: Kajian Singkat

Terhadap Isu Aktual Dan Strategis,

(1), 13–18.

Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018).

Metode Role Playing Berbantu

Media Audio Visual Pendidikan

dalam Meningkatkan Belajar IPS.

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan

IPS Indonesia), 3(2), 41.

https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2

.1012.

Cholily, Y. M., Hasanah, S. N., Effendi,

M. M., & Putri, O. R. U. (2021).

Literasi Digital Siswa Dalam

Pembelajaran Matematika

Berbantuan Media Space Geometry

Flipbook (Sgf). AKSIOMA: Jurnal

Program Studi Pendidikan

Matematika, 10(3), 1736.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i

3898.

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas

Media Pembelajaran Interaktif

dengan Aplikasi Powntoon pada

Mata Pelajaran Bimbingan TIK.

Jurnal Pedagogi Dan

Pembelajaran, 4(1), 1.

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.3

Hapsari, G. P. P, & Zulherman, Z. (2021).

Pengembangan Media Video

Animasi Berbasis Aplikasi Canva

untuk Meningkatkan Motivasi dan

Prestasi Belajar Siswa. Jurnal

Basicedu, 5(4), 2384–2394.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v

i4.1237

Hapsari, Gita Permata Puspita, &

Zulherman, Z. (2021a).

Pengembangan Media Video

Animasi Berbasis Aplikasi Canva.

Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v

i4.1237

Hapsari, Gita Permata Puspita, &

Zulherman, Z. (2021b).

Pengembangan Media Video

Animasi Berbasis Aplikasi Canva

untuk Meningkatkan Motivasi dan

Prestasi Belajar Siswa. Jurnal

Basicedu, 5(4), 2384–2394.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v

i4.1237

Isdayanti, D. (2020). Pengembangan

Media Pembelajaran Audio Visual

Berbasis Adobe Flash Pada Materi

Daur Hidup Hewan. JIPP (Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dan

Pembelajaran), 4(2), 390–406.

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i

10711.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M.

Y. (2019). Penggunaan Media

Pembelajaran Video terhadap Hasil

Belajar Siswa SD. Indonesian

Journal of Primary Education

Penggunaan, 3(2), 64–72.

http://ejournal.upi.edu/index.php/IJ

PE/index.

Pujianto, A. A., Degeng, I. N. S., &

Sugito, S. (2020). Pengaruh

penggunaan aplikasi Plantnet dan

gaya belajar terhadap hasil belajar.

Jurnal Inovasi Teknologi

Pendidikan, 7(1), 12–22.

https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.3

Raco, J. (2018). Metode penelitian

kualitatif: jenis, karakteristik dan

keunggulannya.

https://doi.org/10.31219/osf.io/mfz

uj.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A.

T. (2020). Media pembelajaran

audio visual berbasis aplikasi

canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi

Undiksha, 12(2), 317–327.

https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.

.

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021).

Analisis Media Digital Video

Pembelajaran Abad 21

Menggunakan Aplikasi Canva

Pada Pembelajaran IPA. Jurnal

Basicedu, 5(6), 6271–6279.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v

i6.1717.

Setiawan, W. (2021). Matematika Pada

Sekolah Dasar Di Era Pandemi.

Majamath: Jurnal Matematika Dan

Pendidikan Matematika, 4, 12–22.

Virgiana, A., & Wasitohadi. (2016).

Efektivitas Model Problem Based

Learning Berbantuan Media Audio

Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar

IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu

Sambong - Blora Semester 2 Tahun

/2015. Scholaria : Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2),

–118.

https://doi.org/10.24246/j.scholaria

.2016.v6.i2.p100-118

Wiastuti, Suadnyana, & Kristiantari.

(2014). Pengaruh Pembelajaran

Siklus Belajar (Learning Cycle)

Berbantuan Media Audio Visual

Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa

Kelas V Sd Gugus Budi Utomo.

Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i

2147




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020


slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor