Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Contoh di Buku Halus dan Drill pada Peserta Didik Kelas I SDN Jajartunggal III Surabaya
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuchdi. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Agus Sampurno. (2008). Workshop Handwriting. Diakses dari http://gurukreatif.wordpress.com/2008/10/17/workshop-handwriting/. Pada tanggal 30 April 2013, jam 10.06 WIB.
Agus Suriamiharja. 1997. Petunjuk Praktis menulis. Jakarta: Depdikbud.
Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
A.Syukur Ghazali. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Budiasih dan Dimyati Zachdi. 1994. Pembelajaran Bahasa di Kelas Rendah. Jakarta: Pustaka Murni.
Depdiknas. 2003. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.
De potter Boby. Hernacke mike. 2006. Quantum Learning. Bandung: kaifa Henry Guntur Tarigan. 2008.Menulis. Bandung : Angkasa.
H. B. Sutopo. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Depdikbud UNS.
Hetty Murniati. (2012). Belajar Cepat Menulis Huruf Tegak Bersambung untuk Sekolah Dasar Kelas 2. Magelang: CV. Tidar Ilmu.
Hopkins, David. (2011). A Teacher’s Guide to Classroom Research (Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas). Penerjemah: Ahmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iskandar. 2008. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.
J. Gelb. 2010. The Developing of Skill Writing. International journal. Diakses tanggal 15 April 2010.
Johnson, Elaine B. (2009). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Penerjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Kokom Komalasari. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kurniawan Dwi A. (2013). Mengajari Siswa atau Anak Menulis Tegak
Bersambung. Diakses dari
http://kurniawandwia150.blogspot.com/2013/01/mengajari-siswa-atau-anakmenulis-tegak.html. Pada tanggal 30 Agustus 2018
M. G. Rini Kristiantari. (2004). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar Menulis Deskripsi dan Narasi. Malang: Media Ilmu.
Mulyasa. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Ribut W.E. dan Arif B.W. (2007). Penerapan Alat Penilaian Berbasis Kompetensi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa SD Muhammadiyah I Malang. Jurnal Dedikasi (Volume 4). Hlm. 90.
Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Siswanto, Eko.(1995/1996). Petunjuk Penggunaan Alat Peraga Membaca dan Menulis
Permulaan di Sekolah Dasar I. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Direktorat
Pendidikan Dasar.
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i01.722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
RECOMMENDED TOOLS:
Supported by:
Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License