EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENILAIAN AUTENTIK DI SDN PASAR BARU 1 KOTA TANGERANG

Ina Magdalena, Anggun Mila Banowati, Reni Safitri, Eka Nur Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang komperehensip mengenai evaluasi pembelajaran tematik dengan menggunakan penilaian autentik di SDN Pasar Baru 1 Kota Tangerang. Hasil temuan sebagai berikut : pada kegiatan evaluasi belajar pembelajaran tematik dengan penilaian autentik penilaian nya menggunakan taksonomi bloom yang terdapat C1 sampai C6. Dalam pelaksanaan pembelajaran autentik tidak selalu berjalan mulus. Ada bebreapa kendala diantaranya yaitu dari aspek guru atau pengajarnya yang masih ada beberapa yang kurang kreatif dalam proses belajar mengajar. Hal ini yang menyebabkan penilaian autentik sendiri sulit dilakukan. Untuk mengatasinya guru harus dibekali kemampuan untuk membuat metode atau media pembelajaran yang lebih kreatif dan beragam yang dapat membuat pembelajaran lebih aktif, sehingga meminimalisir kendala dalam penilaian autentik ini terjadi.


Full Text:

PDF

References


Arya Setya Nugroho, Nataria Wahyuning Subayani (2019). Pendampingan Lesson Study:Meningkatkan Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Guru SD Muhammadiyah 3 Gresik. Diakses pada 16 Juni 2020. Diakses melalui https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/812

Erni (2016). Evaluasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Negri 158 Watallipu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Diakses pada 15 Juni 2020. Diakses melalui http://journal.uncp.ac.id

Ina Magdalena, Dias Julianti Agustin (2020). Hambatan dalam Penerapan Teknik Evaluasi Non Tes di SDN Pinang 5 Tangerang. Diakses pada 10 juni 2020 melalui https://ejournal.pamaaksara.org/index.php/hal/article/view/110

Ina Magdalena, Dita Lutfia Citra Anggraini, Noni Novitasari, Siti Nurlatifah. (2020). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Tematik Di SDN Kampung Melayu 3 Tangerang. Di akses pada 28 May 2020 . Diakses melalui https://ejournal.pamaaksara.org/index.php/hal/article/view/121/97

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan tahun 2013 tentang Konsep Penilaian Autentilk Pada Proses Dan Hasil Belajar. Diakses pada 28 May 2020 melalui https://staffnew.uny.ac.id/upload/131570315/pendidikan/PENILAIAN+OTENTIK+KURIKULUM+2013.pdf

Magdalena, I., Huliatunisa, Y. (2020). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta : FKIP UMT Press

Nur Faqih (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Gerak Benda Melalui Pendekatan Saintifik. Diakses pada 16 Juni 2020 melalui https://journaluwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/720

Pratiwi Pujiastuti, Sekar Purbarini Kawuryan, Unik Ambarwati (2017). Evaluasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Diakses pada 16 Juni 2020 melalui https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/download/13035/pdf

Sundayana, Wachyu, (2017). Telaah kurikulum & perencanaan pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Tri Sumaharti, H. Marzuki, Sri Utami. 2017. Analisis Evaluasi Pembelajaran Tematik Di Kelas Rendah Sekolah Dasar Negri 1. Diakses pada 5 juni 2020. Dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18917




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v2i01.888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020