Peningkatan Hasil Belajar Tema Hidup Bersih dan Sehat melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas II SDN Jajartunggal III/452 Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tema hidup bersih dan sehat melalui pendekatan saintifik berbasis pembelajaran daring pada siswa kelas II SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. Analisis masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa (dibawah nilai KKM) yang dikarenakan adanya pandemi Covid19 yang mengharuskan siswa belajar secara daring di rumah masing-masing. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II-D SDN Jajartunggal III/452 Surabaya Tahun Akademik 2020/2021. Dengan jumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui kegiatan siklus 1 sampai dengan siklus III.Nilai rata-rata siswa dari hasil tes siklus I yaitu 75,16. Dari hasil tes pada siklus I terdapat 17 siswa dinyatakan tuntas yaitu 54,84%, sedangkan yang belum tuntas belajar siklus I terdapat 14 siswa yaitu 45,16. Nilai rata-rata siswa dari hasil tes siklus II yaitu 81,77. Dari hasil tes pada siklus II terdapat 23 siswa dinyatakan tuntas yaitu 74,19%, sedangkan yang belum tuntas belajar siklus II terdapat 8 siswa yaitu 25,81%; (3) Dari data siklus III hasil belajar siswa sudah sangat baik dengan sebagian besar sudah melampaui KKM, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa dari hasil tes yaitu 95,16. Dari hasil tes pada siklus III terdapat 28 siswa dinyatakan tuntas yaitu 90,33%. Dengan demikian hasil belajar hasil belajar tema hidup bersih dan sehat dapat meningkat dengan sangat baik melalui pendekatan saintifik berbasis pembelajaran daring.
Kata Kunci: hasil belajar, pendekatan saintifik, pembelajaran daring, sekolah dasar.
Full Text:
PDFReferences
Ain, N., & Huda, C. (2018). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Momentum: Physics Education Journal, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.2368
Al Ulil Amri, M. I., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 14. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933
Amelia, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Percobaan Menggunakan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100690
Bahtiar, R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Subtema Macam-Macam Peristiwa dalam Kehidupan bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(3), 236–242. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p236-242
Bermawi, Y., & Fauziah, T. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), Article 4. http://e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7533
Cahapay, M. B. (2020). Rethinking Education in the New Normal Post-COVID-19 Era: A Curriculum Studies Perspective. Aquademia, 4(2), ep20018. https://doi.org/10.29333/aquademia/8315
Gunawan, B. (2020). Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh dalam Perspektif Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal HAM, 11(3), 387. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.387-404
Gupta, T. S., Chalmers, S., & McGonigal, E. (2020). COVID-19: General practice education in the ‘new normal’. Australian Journal of General Practice, 49. https://doi.org/10.31128/AJGP-COVID-30
Hapsari, E. E., Sumantri, M. S., & Astra, I. M. (2019). Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.171
Heni, H., Bahtiar, R. S., & Desiningrum, N. (2018). Pengaruh Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 185. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6264
Jannah, M., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 1–14. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1123
la Velle, L., Newman, S., Montgomery, C., & Hyatt, D. (2020). Initial teacher education in England and the Covid-19 pandemic: Challenges and opportunities. Journal of Education for Teaching, 46(4), 596–608. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1803051
Rohmadani, A. I. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Cara Berpikir Dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Yogyakarta. Edification Journal, 3(1), 125–134. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.224
Rostika, D., & Prihantini, P. (2019). Pemahaman Guru Tentang Pendekatan Saintifik dan Implikasinya dalam Penerapan Pembelajaran di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 86–94. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.14443
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v3i1.1498
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
RECOMMENDED TOOLS:
Supported by:
Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License