ANALISIS BUKU AJAR MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI BELAJAR BRUNER DI KELAS V SD NEGERI 101954 PANTAI CERMIN KANAN

Dewi Rahmadhani

Abstract


Abstrak

Metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah kunci penting dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sangat tergantung dari metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Jika metode pembelajaran yang digunakan membosankan maka tidak dapat mendorong siswa menjadi siswa yang aktif dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan metode pembelajaran guru yang hanya menggunakan buku dan ceramah saja sebagai media pembelajarannya. Dan tidak mendorong siswa menjadi siswa yang aktif dalam pembelajarannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah Teori Belajar Bruner efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SD Negeri 101954 Pantai Cermin Kanan? Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Buku Ajar Matematika Berdasarkan Teori Belajar Bruner di Kelas V SD Negeri 101954 Pantai Cermin Kanan. Penelitian ini menggunakan seluruh guru dan siswa di SD Negeri 101954 Pantai Cermin Kanan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai sebagai subjek penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bawah buku ajar matematika berdasarkan teori belajar bruner sangat efektif diterapkan di kelas V SD Negeri 101954 Pantai Cermin Kanan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai.

Kata Kunci: Analisis Buku Ajar Matematika, Teori Bruner, Kelas 5.


Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, (Yogyakarta: Diva Press, 2014).

Dwidiantoko, Dwi. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Budi Utama.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Paradigma pembeelajaran kurikulum 2013. Yogyakarta: Kalimedia.

R.Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Indonesia. (Jakarta: Dep.Pendidikan Matematika).

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i1.1853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020