Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Gerhana Matahari dan Bulan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas VI SDN Dlemer

Rosideh, Agung Rosideh, Setyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerhana matahari dan bulan dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk penilaian hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yaitu dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebanyak (25,52) dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa diperoleh (54,73) dengan persentase ketuntasan mencapai 37,5% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa (80,25) dengan persentase ketuntasan mencapai 86,5%. Penggunaan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran lebih menyenangkan, aktif, kreatif dan tidak membosankan sehingga dengan menggunakan metode demonstrasi hasil belajar siswa dapat meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerhana matahari dan bulan.

Full Text:

PDF

References


Afifi, Ruhana. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 68-85.

Bidju, R, H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi. Malang: CV Multimedia.

Chasanah, I., & Wahyu, R. (2017). Pendamping Buku Tematik Tema 8 Bumiku untuk SD/MI Kelas VI. Gilingan: CV Teguh Karya.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa pada Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Materi Energi dan Perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 25-36.

Mainah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gerhana Matahari melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Siswa Kelas VI SDN Banjarbendo Kabupaten Sisoarjo. Jurnal of Indonesian Education, 3(1), 12-20.

Mairina, V., & Risda, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kuantum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 784-788.

Nuridayanti. (2022). Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Problem Posing. Pekalongan:NEM.

Rustiyarso & Tri, W. 2020. Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. yogyakarta: Noktah.

Sulistyaningsih, N. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran IPA Materi Gerhana Matahari dan Bulan Melalui Metode Demonstrasi di SDN Wonorejo 02 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Edukasi Gemilang, 5(3), 43-48.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary, 4(1), 38-54.

Surya, Y, F. (2017). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 1(1), 10-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i1.2166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020