KRITIK TERHADAP TEORI DEKONSTRUKSI DERRIDA

Mangihut Siregar

Abstract


Pemikiran Derrida dipengaruhi pandangan Nietzche, Martin Heidegger dan Freud yang menghilangkan pusat. Derrida melakukan suatu metode yang baru dengan membaca teks dengan menggeser pusat atau inti ke pinggir dan mengubah teks yang dari pinggir ke inti. Metode ini luput dari perhatian strukturalis yang melihat adanya bahasa yang ideal dan maknanya stabil serta pasti. Pembacaan biasa selalu mencari makna yang sebenarnya atau paling benar dari teks tersebut. Derrida mengkritik pandangan ini karena menurutnya dalam setiap teks terdapat makna-makna yang tersembunyi di belakangnya. Melalui teori dekonstruksi, Derrida melihat bahwa teks tidak lagi sebagai tatanan yang utuh melainkan arena pergulatan yang terbuka. Kepastian tunggal yang selalu dicari dan diagung-agungkan manusia modern merupakan suatu keniscayaan. Satu-satunya yang dapat dikatakan pasti hanyalah ketidakpastian. Oleh sebab itu kepastian menurut Derida adalah ketidakpastian. Teori dekonstruksi yang dipopulerkan oleh Derrida memberi pengaruh yang sangat luar biasa dalam ilmu pengetahuan filsafat, bahasa dan juga ilmu-ilmu sosial lainnya. Teori ini tidak pernah puas akan kebenaran yang sudah ada dan selalu curiga akan kemapanan. Dekonstruksi bertujuan mencari hal-hal yang tidak baik dan bukan hal-hal yang baik. Apabila tujuannya mencari yang tidak baik, kapankah tercapai kebaikan atau kemapanan itu?

Kata kunci: dekonstruksi, metode, teori, strukturalis, postrukturalis


Full Text:

PDF

References


Barker, Chris. 2004. Cultural Studies: Teori & Praktik. Nurhadi (Pentj.). Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Barker, Chris. 2014. Kamus Kajian Budaya. B. Hendar Putranto (Pentj.). Yogyakarta: PT Kanisius.

Chaffee, Daniel dan Charles Lemer. 2012. “Strukturalisme dan Post-strukturalisme”. Dalam Turner, Bryan S. (ed). Teori Sosial: Dari Klasik Sampai Postmodern. E. Setiyawati A. dan Roh Shufiyati (pentj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Derrida, Jacques. 1978. Writing and Difference. Chicago: University of Chicago Press.

Derrida, Jacques. 1982. Margins of Philosophy. Alan Bass (Pentj.). Chicago: The University of Chicago Press.

Derrida, Jacques. 1995. Points …..Interviews, 1974-1994, ed. Elisabeth Weber, Peggy Kamuf dan kawan-kawan (Pentj). Stanford: Stanford University Press.

Derrida, Jacques. 1998. Of Grammatology. Gayatri Chakravorty Spivak (pentj.), edisi koreksi. Baltimore: The Johns Hopkins University Press.

Hadiwinata, Bob Sugeng. 1994. “Theatrum Politicum: Postmodernisme dan Krisis Kapitalisme Dunia”. Dalam Jurnal Kebudayaan Kalam. No. 1 Th. 1994. Jakarta: Yayasan Kalam dan Penerbit Pustaka Grafiti.

Hardiman, F. Budi. 2003. Melampaui Positivisme dan Modernitas: Diskursus Filosofis tentang Metode Ilmiah dan Problem Modernitas. Yogyakarta: Kanisius.

Lubis, Akhyar Yusuf, 2014. Teori dan Metodologi: Ilmu Pengetahuan Sosial Budaya Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Norris, Christopher, 2003. Membongkar Teori Dekonstruksi. Inyiak Ridwan Muzir (Pentj.). Yogyakarta: Penerbit Ar-ruzz.

Piliang, Yasraf Amir. 2012. Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, gaya & matinya makna. Bandung: Matahari.

Ritzer, George. 2004. Teori Sosial Postmodern. Muhammad Taufik (Pentj.). Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Ritzer, George & Douglas J. Goodman. 2012. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Santoso, Heri. 2012. “Metode Dekonstruksi Jacques Derrida: Kritik atas Metafisika dan Epistemologi Modern”. Dalam Santoso, Listiyono, dkk. Epistemologi Kiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sarup, Madan. 2003. Post-Structuralism and Post-Modernism: Sebuah Pengantar Kritis. Medhy Aginta Hidayat (Pentj.). Yogyakarta: Jendela.

Sarup, Madan. 2011. Panduan Pengantar untuk Memahami Postrukturalisme & Posmodernisme. Medhy Aginta Hidayat (Pentj.) Yogyakarta: Jalasutra.

Zehfuss, Maja. 2013. “Jacques Derrida”. Dalam Jenny Edkins – Nick Vaughan Williams (ed). Teori-teori Kristis: Menantang Pandangan Utama Studi Politik Internasional. Teguh Wahyu Utomo (Pentj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jus.v2i1.611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal of Urban Sociology

Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Jl Dukuh Kupang XXV/54 Surabaya, Eas Jawa, Indonesia.
Phone. (031) 5677577. Fax (031) 5679791
Homepage: http://journal.uwks.ac.id/index.php/sosiologi/index
email: urbansociology@uwks.ac.id

ISSN 2620-5211 (Printed)
ISSN 2656-3339 (Online)

_________________________________________________________

Creative Commons License
Journal of Urban Sociology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by